•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas SEO secara lebih mendalam mengenai pengaruhnya untuk selalu berada di halaman pertama mesin pencarian. Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahaminya, bahwa SEO itu terbagi menjadi dua bagian atau jenis yaitu on page dan off page. 

Tema pada artikel ini akan lebih membahas mengenai optimasi dari on page dalam mempengaruhi website agar selalu berada dihalaman utama SERP atau search engine result page. Dengan begitu dapat memberikan Anda untuk lebih optimal dan maksimal dalam mengelola website agar dapat selalu berada pada posisi teratas. 

Mengenal Apa Itu SEO On Page?

Sebelum membahas hal ini secara lebih mendalam dan lengkap mengenai beberapa langkah dalam meningkatkannya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengenal terlebih dahulu apa itu on page?karena akan lebih membantu apabila sudah memahaminya dari awal. Sehingga informasi yang diberikan lebih mudah untuk dimengerti dan saling bersinggungan. 

Pengertian SEO  on page yaitu kegiatan SEO yang fokusnya pada konten yang akan di publish atau terbitkan. Sehingga titik utamanya adalah melihat dari faktor yang ada dalam kontennya tersebut. Secara simpelnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari konten yang ada. 

Untuk lebih memahaminya SEO on page tersebut adalah aktivitas untuk meningkatkan konten agar dapat lebih mudah dipahami dan dibaca oleh pengunjung dari website atau blog. Tentunya kegiatan ini sangat membantu dalam meningkatkan dan mampu optimasi website agar selalu berada di halaman utama. 

Langkah-Langkah Optimasi SEO On Page

Ada beberapa langkah yang dapat Anda pahami dan simak mengenai meningkatkan SEO on page agar selalu berada di SERP. Berikut ini ada beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, perhatikan pembahasannya secara lengkap!

1. Buat Permalink Sederhana 

Untuk meningkatkan SEO dalam website, Anda harus membuat dan mengubah permalink menjadi lebih sederhana supaya dapat dijangkau secara lebih luas. Caranya Anda dapat dengan menitikberatkan pada fokus keyword yang diinginkan saja. Tetapi untuk beberapa wordpress terkadang tidak dapat melakukannya. 

optimasi on page pada website

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengubah permalinknya terlebih dahulu agar dapat menjadikannya lebih sederhana. Anda dapat mengubah permalink agar lebih sederhana dengan langsung ke dashboard, Setting – Permalink, lalu pilih struktur dan ubah post name sesuai dengan keyword yang telah Anda buat agar terlihat lebih sederhana. 

2. Judul yang Menarik 

Kebanyakan orang mencari dalam mesin pencarian Google tidak menuliskan judul yang panjang dan rata-rata hanya menggunakan kata kunci. Sehingga dalam halaman utama tersebut yang muncul adalah judul dan deskripsi yang Anda buat. Oleh karena itu pentingnya untuk membuat judul konten yang menarik untuk mengundang orang langsung membaca. 

Sebenarnya ada beberapa trik untuk membuat judul Anda lebih menarik dan sering dilihat, Anda dapat menambahkan nomor atau kata sifat dalam setiap judul yang ada. Tetapi hal tersebut menjadi permasalahan, karena tidak semuanya membutuhkan judul dengan angka.

Ada beberapa karakter dan variasi yang dapat Anda lakukan untuk agar pembaca tertarik untuk membaca, terpenting Anda harus perbanyak riset dan melihat beberapa perkembangan. 

Baca Juga : Relevansi SEO, Brand Awareness dan Aplikasi Pinjaman

3. Tambah Multimedia

Rasanya era sekarang sudah tidak zaman untuk tulisan atau konten yang hanya berfokus pada teks saja, karena lebih membosankan dan tidak menarik untuk dibaca. Anda dapat dengan menambahkan beberapa multimedia yang sering ada dalam website baik itu gambar atau video yang dapat Anda tambahkan pada konten yang dibuat. 

Berdasarkan penelitian dari Vidyard mengungkapkan bahwa konten yang ada videonya lebih sering muncul dan lebih besar sebanyak 53 kali akan berada pada halaman utama. Tentunya Anda dapat menambahkan alternatif tersebut ke konten atau artikel yang Anda buat agar dapat mendatangkan dan menarik perhatian pembaca lebih banyak. 

4. Heading dan Subheading

Struktur dalam artikel untuk kebutuhan konten website menjadi sangat penting, karena akan terlihat lebih rapi, jelas, dan mudah dimengerti. Caranya adalah dengan memanfaatkan dan menggunakan heading dan subheading. Karena adanya bagian tersebut dapat lebih menarik dan terpisah yang membuat pembaca lebih nyaman untuk membacanya. 

Dalam kata lain heading dan subheading layaknya sebuah bab dan sub bab dalam sebuah buku yang sering Anda baca. Hal ini juga berlaku untuk konten yang dibuat agar dapat lebih mudah untuk dipahami dan lebih mengerti. Sehingga pembaca tidak kesulitan dalam mencari fokus yang dicari dan tentunya dapat menarik perhatian pembaca. 

5. Mengoptimalkan Kualitas Gambar 

Selanjutnya untuk meningkatkan atau mengoptimalkan on page adalah dengan memperhatikan kualitas gambar yang ada di konten atau artikel. Tetapi hal tersebut terkadang membuat Anda kebingungan, karena lain sisi kalau file gambar terlalu besar akan membuat lama. Dalam artian loading page menjadi lama dan membuat pengunjung malas untuk menunggu. 

Hal utama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu untuk melakukan kompres dalam foto atau gambar yang dibutuhkan untuk artikel tersebut. Lalu, buat sekecil mungkin ukurannya dengan catatan tidak mengurangi kualitas dari gambar nya. Caranya Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi baik itu ILOVEIMG, OptiPNG, dan beberapa lainnya. 

Sebenarnya masih ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan on page yang dapat Anda pelajari kembali. Tetapi beberapa langkah diatas dapat memberikan dampak yang positif untuk website yang ada kelola. 

 

5 Langkah Optimasi SEO On Page Agar Berada di Halaman Utama SERP

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: