•  
  •  
  •  
  •  

Jika ingin website Anda muncul di search engine, maka kuasailah segala hal tentang SEO. Apa itu? Merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang dapat diartikan sebagai upaya atau langkah mengoptimalkan website supaya muncul pada pencarian teratas search engine seperti Google. SEO punya peran penting dalam menentukan peringkat website Anda, dengan demikian para pengguna search engine dapat menemukan website tersebut dengan mudah pada halaman pertama.  

Saat ini ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk membuat website, salah satunya CMS atau Content Management System. Platform ini memudahkan Anda yang ingin membuat website sendiri tanpa perlu paham dengan bahasa pemrograman yang rumit. CMS sendiri ada beberapa macam, salah satunya adalah WordPress. Ini merupakan platform pembuatan website bersifat open source yang bisa digunakan secara bebas dan gratis oleh siapa saja. Nah, platform ini juga telah menyediakan sejumlah tools atau plugin yang memudahkan pengguna dalam optimasi SEO. Hal ini pulalah yang menjadi alasan mengapa WordPress sangat populer. Jika saat ini Anda hendak memperbaiki dan meningkatkan SEO, berikut kami rangkum 7 Tool SEO WordPress yang perlu ada untuk optimasi website. Silahkan disimak.

  1. Yoast SEO – Mengoptimalkan Halaman dan Postingan dengan Keyword Pilihan

Ada banyak fitur SEO yang ditawarkan oleh WordPress. Salah satunya adalah Yoast SEO, plugin terbaik dan terpopuler yang paling banyak digunakan pemilik website. Plugin ini disediakan untuk mempermudah pemilik website melakukan optimasi terhadap postingan maupun halaman sesuai dengan keyword yang dipilih. Selain itu, Yoast SEO juga menawarkan built-in analysis sesuai algoritma terbaru. Anda bahkan dapat menggunakan plugin ini untuk menambahkan schema markup dan membuat sitemap XML pada situs web. Cara menambahkan plugin ini cukup mudah, hanya perlu masuk ke menu dashboard dan masuk pilih Plugin > Add New, Kemudian ketikkan Yoast SEO pada kolom pencarian dan instal pluginnya. Setelah instalasi selesai, Anda bisa mengaktifkan plugin tersebut.

  1. All in SEO Pack – Indikator untuk Memaksimalkan Konten Website

All in SEO Pack adalah plugin SEO WordPress terbaik yang membantu Anda membuat website dengan SEO friendly. Tools ini menawarkan fitur yang dapat menunjukkan indikator yang berguna untuk memaksimalkan konten website. Sehingga para pengguna dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki supaya SEO bekerja dengan optimal. Selain itu, All in SEO Pack juga menawarkan beberapa fitur menarik seperti:

  • Optimasi judul secara otomatis
  • Edit file .htacces tanpa FTP
  • Edit file robots.txt
  • Otomatis melakukan optimasi meta description.

Tools SEO ini sudah digunakan lebih dari jutaan kali dan menariknya dapat digunakan secara gratis.

  1. SEMRush – Riset Keyword (Kata Kunci)

Keberhasilan SEO WordPress sebagian besar ditentukan oleh riset keyword yang Anda gunakan. Ini karena riset keyword yang dilakukan dapat membantu pemilik website mengetahui jenis konten yang disukai pengunjung situs, memahami cara meningkatkan traffic ke situs, melacak keberhasilan konten yang dibuat, serta membantu memahami kebutuhan dan keinginan pasar. Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan riset keyword, salah satunya adalah SEMRush.  

  1. SEOPress – Pengaturan SEO Terbaik

Merupakan tools yang tepat bagi Anda yang baru terjun ke dunia SEO. Tools WordPress ini dapat mengatur meta title, description, open graph support, image, sitemap, dan XML secara gratis. Sangat mudah digunakan pemula karena tampilannya yang sederhana. Jadikan plugin WordPres ini sebagai Tools SEO terbaik Anda.

  1. Google Search Console – Memonitor Performa Website pada SERP

Tambahkan situs ke Google Search Console untuk mengetahui performa website pada SERP Google. Tool ini dapat digunakan secara gratis, pengguna hanya perlu membuat akun baru dengan akun Google dan melakukan beberapa verifikasi. Anda juga dapat menggunakan tools ini untuk menganalisis query yang membawa pengunjung ke website, klik, impression, serta posisi pada Google.  Jika situs web mengalami masalah, tools ini akan mengirimkan peringatan melalui email secara otomatis.

  1. Broken Link Checker – Memantau Link Website yang Rusak

Broken Link Checker dapat membantu Anda memantau link website yang rusak, seperti link pada halaman, komentar, dan postingan. Anda dapat mengetahuinya dengan segera melalui email atau dashboard WordPress dan bisa memperbaiki link rusak tersebut melalui menu yang ada dalam tools ini. Jadi, jika sudah pakai Broken Link Checker, Anda tidak perlu memperbaiki postingan secara manual.

  1. W3 Total Cache – Meningkatkan Kecepatan Website

Tools SEO untuk WordPress ini dapat meningkatkan performa sebuah website, terutama dalam hal kecepatan akses. Perlu diketahui, berhasil tidaknya penerapan SEO pada website milik Anda itu dipengaruhi oleh kecepatan aksesnya. Sehingga penting untuk membuat website yang user friendly dan cepat diakses pengunjung.

Itulah 7 tools SEO di WordPress yang perlu ada untuk optimasi website. Gunakan tools tersebut supaya rangking website Anda meningkat di search engine.

7 Tools SEO di WordPress yang Perlu Ada untuk Optimasi Website

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: