SEO menjadi bagian yang paling penting dalam digital marketing yang tidak perlu kamu ragukan lagi. SEO bisa mendapatkan traffic organik yang ada di website dengan murah, mudah dan mempunyai jangka waktu yang cukup panjang. Namun sayangnya, tidak semua orang paham mengenai cara belajar SEO dengan benar. 

Khususnya untuk para pemula, yang mana belum paham dari mana harus memulai belajar SEO, memakai tool apa, bagaimana cara kerja dan lainnya. Sehingga semua hal tersebut akan sangat membingungkan. Tetapi, tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini kita akan belajar SEO dengan mudah bersama-sama. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Cara Belajar SEO Mudah untuk Pemula 

Untuk kamu yang masih pemula, tidak perlu merasa sedih sebab artikel ini akan mengulas beberapa cara yang perlu kamu lakukan supaya dapat memahami cara kerja dari SEO. Berikut beberapa caranya:

Pahami dasar dan tujuan SEO 

Cara pertama yang perlu kamu pahami yaitu dasar SEO dan tujuan kamu melakukannya. Untuk dapat memahami poin ini dengan memperhatikan penjelasan di bawah ini: 

  • Cara kerja SEO 

Sederhananya, cara kerja dari search engine dimulai pada roboto indexing yang memeriksa berbagai konten di setiap website. Mana yang mempunyai kata kunci atau keyword yang sesuai dengan ketikan visitor.  Sesudah itu berlanjut dengan menyimpan data pada data base atau indexing. 

Proses kerja dari search engine juga terus berlangsung ke proses retrieval, yakni menyortir konten-konten mana yang akan dibutuhkan oleh pengguna berdasarkan keyword nya. Disinilah peran penting SEO yaitu membuat website menjadi website terpilih Google. 

  • Keyword research 

Untuk dapat masuk pada proses retrieval, membutuhkan kata kunci yang akurat. Untuk itu, pelajaran berikutnya untuk SEO specialist yaitu menemukan keyword yang mempunyai volume pencarian paling tinggi namun persaingannya sangat rendah. 

Pastinya tidak dapat melakukannya dengan cara manual. Perlu memakai tool khusus baik yang ada di Google yaitu Google Keyword Planner atau SERanking, Ubersuggest, SEMrush dan lainnya. 

Lihat video SEO di Internet

Cara belajar SEO untuk pemula berikutnya yaitu kamu bisa menonton berbagai tips dan trik SEO dari internet atau YouTube. Saat ini sudah ada banyak SEO specialist yang berbagi ilmu tentang edukasi mengenai SEO lewat channel YouTubenya. Ini dapat kamu manfaatkan untuk belajar tanpa perlu mengeluarkan uang. 

Semakin banyak video SEO yang kamu tonton, maka semakin banyak pula tips dan trik yang dapat kamu terapkan sebab setiap praktisi biasanya mempunyai cara yang berbeda-beda. 

Cari tahu melalui podcast 

Bukan hanya melihat video dari YouTube saja, kamu juga dapat memanfaatkan podcast guna memperoleh banyak ilmu mengenai SEO. Banyak praktisi SEO yang memberikan ilmu melalui podcast mengenai SEO. Sehingga ilmu tentang optimasi ini menjadi lebih berkembang dan beragam. 

Ikut dalam komunitas SEO di sosial media 

Kamu harus tahu jika Google akan terus mengubah algoritmanya secara rutin guna memberikan pengalaman pencarian kepada pengguna nya dengan lebih baik. Bahkan, berdasarkan Hubspot, Google bisa mengubah algoritma nya sebanyak 3 ribu kali dalam waktu satu tahun. 

Yang berarti, menggunakan algoritma hari ini belum pasti besok dapat memakainya kembali. Atau menonton atau mendengarkan podcast di YouTube tentang algoritma SEO sekarang belum tentu besok masih bisa digunakan. 

Inilah pentingnya kamu ikut dalam komunitas SEO di sosial media seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Fungsinya yaitu untuk mengetahui perkembangan dari algoritma Google secara real time supaya teknik SEO yang kamu terapkan sama seperti algoritma yang sedang berjalan. 

Mobile friendly content 

Kebanyakan pengguna membuka website memakai smartphone, PC atau laptop. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat konten yang mobile friendly atau konten yang bisa membantu optimasi situs untuk perangkat mobile. Yang berarti website yang responsif, dengan tampilan yang bisa menyesuaikan dengan perangkat yang pengguna pakai untuk membuka website tersebut. 

Kamu dapat membuat mobile friendly content tersebut dengan cara menyesuaikan konten, ukuran dan layout supaya mudah membacanya saat menggunakan perangkat mobile. Misalnya yaitu membuat tulisan secara singkat, tidak bertele-tele, to the point dan jelas. 

Terapkan teori yang telah dipahami 

Setelah belajar SEO dari berbagai sosial media, berarti kamu sudah memiliki banyak ilmu SEO yang dapat diaplikasikan, maka ini menjadi waktu yang tepat untuk menerapkan semua ilmu yang kamu dapat tersebut dalam praktek nyata. 

Kamu dapat mencoba mengaplikasikan SEO di website milik sendiri. Ada baiknya gunakan website dengan domain berbayar, sebab domain ini mempunyai performa yang lebih bagus di mata search engine dibandingkan domain gratisan. 

Demikianlah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar SEO sebagai pemula. Jangan pernah patah semangat dan terus belajar sampai kamu mahir dalam bidang SEO ini karena kamu bisa mendapatkan gaji besar jika terjun dalam bidang ini. 

 

Belajar SEO untuk Pemula dengan Mudah

Tagged on: