Aktivitas seperti mengecek DA dan PA website tentu sudah bukan sesuatu yang asing bagi blogger atau webmaster. Karena metrik dan PA umumnya dibutuhkan saat ingin mengetahui kualitas dari backlink suatu blog.

Tapi tidak sedikit orang yang tidak tahu cara mengecek DA & PA blog yang tepat dan benar, hingga pilihan dari berbagai jenis tools yang mempunyai tingkat akurasi yang bagus dan paling sering digunakan orang.

Ketika mendengar kata Domain Authority, pasti biasanya diikuti oleh kata Page Authority. Apabila Anda bertanya apakah Page Authority dan Domain Authority itu sama? Jawabannya adalah tidak sama, kedua istilah ini berbeda namun berada dalam satu paket.

Untuk Page Authority itu seperti penilaian dari mesin penelusuran seputar seberapa berkualitasnya sebuah halaman. Bila DA tadi mengecek keseluruhan domainnya, maka untuk PA hanya mengecek halamannya. Nah, agar tidak salah paham. Silahkan simak semua penjelasan dibawah ini terkait DA dan PA hingga cara mengeceknya.

Apa itu DA (Domain Authority)

Secara umum DA atau Domain Authority merupakan suatu metrik yang dipakai untuk bisa mengukur kualitas suatu domain dari kacamata SEO atau Search Engine Optimization.

Seperti namanya, untuk mengukur DA dari suatu blog akan diambil dengan menyeluruh dari domainnya. Nilainya pun akan terus menempel walau Anda telah menambah halaman baru pada direktori domain. Nilai dari Domain Authority ini sendiri awalnya keluar saat Google dengan resmi menghimbau untuk menghapus bagian PageRank sebagai metrik mengukur website.

Seperti penjelasan seorang mantan co-founder dari MOZ, sejarah munculnya DA atau Domain Authority ini mulanya dari sebuah misi untuk menciptakan metrik yang serupa dengan PageRank atau PR.

Jika dilihat dari penjelasan singkat barusan, tentu DA berbeda dengan PA meski kedua istilah tersebut selalu ada dalam satu paket. Untuk penjelasan Page Authority silahkan simak ulasan berikut ini.

Apa Itu PA (Page Authority)

Setelah Anda mengetahui secara singkat mengenai apa itu Domain Authority (DA), tentu Anda juga harus mengetahui apa itu PA atau Page Authority.

PA (Page Authority) ini merupakan metrik turunan yang menjadi pelengkap dari Domain Authority. Perannya hampir mirip, yaitu agar mengetahui kualitas dari sebuah web atau blog. Akan tetapi, cara perhitungannya hanya melalui satu halamannya saja.

Jadi didalam suatu website atau blog jadi mempunyai skor Page Authority (PA) yang berbeda-beda, sesuai dengan jumlah dari backlink yang diarahkan menuju halaman, trafik organik, dan informasi yang disajikan.

Sedangkan itu, untuk nilai DA atau Domain Authority di dalam satu website umumnya akan sama walau diukur memakai halaman konten artikel yang baru di update sekalipun.

Apabila Anda sudah mengetahui semua hal terkait Domain Authority dan Page Authority, selanjutnya Anda juga harus tahu cara mengecek DA dan PA di sebuah website dibawah ini.

Cara Mengecek DA dan PA Website

Bagi Anda yang sekira masing bingung terkait cara mengecek Domain Authority dan Page Authority website tidak perlu cemas, sebab terdapat cara yang sangat mudah sekali untuk dicoba.

Terdapat beberapa website yang dapat Anda pakai untuk mengecek Domain Authority dan Page Authority, berikut ini daftar websitenya:

  •         https://www.seoreviewtools.com/bulk-seomoz-authority-checker/
  •         https://smallseotools.com/domain-authority-checker/
  •         https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/
  •         https://moz.com/link-explorer
  •         https://www.checkmoz.com/

Silahkan untuk mengikuti tutorial cara mengecek Domain Authority dan Page Authority dibawah ini, contoh dibawah ini yakni memakai website milik websiteseochecker.com posisinya berada pada halaman teratas dari hasil mesin pencarian Google. Berikut ini caranya:

  •         Pertama, silahkan buka situs website di websiteseochecker.com
  •         Lalu scroll ke bawah kemudian temukan menu pilihan “Page Authority Checker”
  •         Ketika dashboard sudah terbuka, masukkanlah domain yang mau Anda cek Domain Authority dan Page Authority
  •         Setelah itu pilihlah opsi “i’m not a robot” kemudian pilih “Check”
  •         Kemudian lihat hasilnya dan berapa nilai atau skor Domain Authority dan Page Authority yang Anda cek. Selain itu juga masih ada begitu banyak sekali metrik SEO lainnya.
  •         Selesai

Kesimpulan

Seperti itulah cara mengecek DA dan PA website yang harus Anda Pahami. Perlu diingat juga bahwa skor atau nilai DA sendiri mempunyai pengaruh signifikan dengan rangking website pada mesin pencarian Google.

Salah satu fungsi dari metrik Domain Authority dan Page Authority paling populer dan banyak digunakan oleh sebuah agency agar dapat menyeleksi blog sebagai keperluan placement konten atau sponsored post.

Sedangkan, bagi para webmaster atau blogger umumnya memakai DA dan PA sebagai acuan saat mencari expired domain. Dimana pola tersebut bisa sangat membantu untuk urusan mendeteksi domain-domain yang sudah expired dan perlu pembaharuan agar laju website tetap bagus. Maka dari itu, Anda juga sebaiknya menggunakan layanan pembuatan Website terbaik apabila ingin mempunyai website profesional tapi biaya tetap wajar dan masuk akal.

Cara Mengecek DA PA Website