Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui cara melakukan riset kata kunci atau keyword dengan benar. Padahal, riset ini sangat penting guna dilakukan pada era yang serba digital seperti sekarang ini. 

Pasalnya, dengan melakukan riset untuk kata kunci, konten kamu dapat menduduki posisi pertama pada halaman Google. Sehingga akan ada banyak orang nantinya yang berkunjung ke konten milikmu tersebut. 

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk kamu melakukan riset kata kunci untuk menentukan topik dan agar berhasil menduduki peringkat pertama Google? Tenang, berikut ini kamu akan memberikan penjelasan secara detail. 

Lakukan Cara ini Untuk Riset Kata Kunci 

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu kamu tahu dan terapkan saat ingin mencari kata kunci untuk bisa menentukan topik konten. Nah, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan. 

1. Pahami niche-mu 

Menurut Keyword Tool, sebelum kamu melakukan riset kata kunci, lebih baik kamu perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang topik atau niche dari konten yang ingin kamu buat. Hal ini dilakukan agar kamu memperoleh berbagai ide yang luar bisa guna mengelola strategi SEO atau pemasarannya. 

Di bawah ini ada beberapa tips untuk memahami topik saat proses melakukan riset keyword: 

  • Melakukan interaksi dengan para pengunjung yang telah setia dengan mu. Tanyakan pada nya istilah apa yang digunakan oleh mereka ketika mencari produk atau perusahaan mu. 
  • Coba berpikir dari pandangan pengunjung. 
  • Sekali-kali terlibatlah dengan komunitas online untuk mencari topik mu secara online. Hal ini dapat kamu lakukan melalui forum yang ada di berbagai sosial media. 

2. Buat kata kunci yang relevan 

Sesudah kamu mempelajari topik konten atau niche mu dengan baik, maka selanjutnya kamu bisa coba perlahan-lahan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan topik mu. 

Misalnya, topik mu ingin membahas tentang “Cara diet”, maka buatlah daftar kata kunci yang relevan dengan topik tersebut. 

  • Cara diet untuk pemula 
  • Cara diet cepat dan mudah 
  • Cara diet sehat 

Buatlah daftar kata kunci sebanyak mungkin supaya saat melakukan riset kata kunci tidak perlu menempuh cara yang sulit. Apabila memang berdomisili pada sebuah tempat, kamu bisa menambahkan domisili tersebut supaya tampak lebih spesifik. 

Lalu, kamu harus membuat kata kunci yang semenarik mungkin dan tidak banyak kompetitor yang menggunakannya agar website mu bisa dikunjungi banyak orang karena mereka penasaran dengan tulisan mu dan website milik mu menduduki posisi pertama di halaman pencarian Google. 

3. Buat daftar seed keyword 

Sesudah meriset dan menemukan beberapa kata kunci yang dirasa relevan dengan topik yang ingin kamu tulis, langkah berikutnya yaitu buatlah seed keyword

Seed Keyword merupakan benih kata kunci. Dapat dikatakan sees keyword ialah sebuah kata kunci unggulan dari daftar keyword yang sebelumnya sudah kamu buat. Seed keyword mempunyai peran penting sebab hal ini akan menjadi dasar riset kata kunci. 

Seed keyword juga dapat dibilang menjadi kata kunci yang mungkin akan selalu dicari oleh pengunjung atau audiens mu melalui Google. Tidak hanya itu, dengan adanya seed keyword kamu pun bisa mengetahui siapa saja yang menjadi kompetitor dari topik mu. Dengan begitu, kamu dapat tahu kelemahan dari si kompetitor. 

4. Pakai keyword tools yang bagus 

Cara melakukan riset kata kunci berikutnya yang perlu kamu lakukan yaitu pakailah keyword tools menjadi pendukung keyword research mu. Sekarang sudah banyak keyword tools yang dapat kamu gunakan seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, SEMrush, Ahrefs dan lainnya. 

Kamu dapat menentukan mana yang nyaman kamu gunakan. Secara spesifik, dikutip dari Neil Patel, tools seperti SEMrush dan SpyFu bisa menunjukkan apa yang diberikan oleh kompetitor mu. 

Yang perlu kamu ingat adalah jangan sampai kamu tidak memakai keyword tools saat ingin melakukan riset kata kunci. Karena dengan memakai tools ini kamu bisa mengetahui berapa besar kesulitan untuk dapat tembus pada halaman pertama di Google. 

5. Cari tahu mengenai kompetitor 

Melakukan riset kata kunci saja belum cukup, kamu juga perlu mengetahui kompetitor supaya mendapatkan cara ada di posisi teratas halaman pencarian Google. Dengan memahami kompetitor, kamu bisa mengetahui apa saja kekurangannya dan menjadikan hal tersebut kelebihan di konten mu. 

Hal ini dapat kamu ketahui saat sedang melakukan riset kata kunci menggunakan keyword tools. Semakin sedikit perbedaan kata kuncinya, maka semakin besar peluang mu untuk dapat masuk pada halaman Google. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meriset kata kunci untuk menentukan topik dan membuat strategi SEO pun semakin kuat sehingga website mu bisa berada pada halaman pertama Google. Semoga ulasan ini bisa membantu kamu, ya! 

 

Cara Riset Kata Kunci untuk Menentukan Topik

Tagged on: