Faktor paling penting  pada sistem SEO untuk dapat memperoleh rangking di mesin pencarian yang terus berubah-ubah. Mungkin akan menjadi lebih sulit untuk terus mengikuti perkembangan atau update terbaru.

Namun bila Anda ingin rangking website Anda dapat naik dari yang tidak terlihat ke posisi atas, dengan begitu informasi pada artikel kali wajib Anda ketahui. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi Google Ranking.

1.       Kualitas Konten

Konten yang memiliki kualitas tinggi akan memperoleh peringkat yang tinggi pula pada hasil mesin pencarian Google. Karena saking pentingnya, bila website tersebut sudah memenuhi berbagai aspek penting, tapi konten yang dibuat asal-asalan atau tidak berkualitas, website tersebut tentu tidak akan memperoleh peringkat teratas.

Karena, faktor dari kualitas konten tersebut dapat dikatakan berkaitan erat oleh misi Google. Dimana Google dilahirkan dengan tujuan agar memberi informasi yang bermanfaat serta mudah diakses semua orang. Jika kontennya sembarangan, tentu tidak akan memiliki nilai manfaat sama sekali.

2.       Backlink

Backlink merupakan link yang sengaja dipasangkan di website lain dan mengarah ke website milik Anda sendiri. Makin banyak backlink, maka website Anda akan dianggap bermanfaat, penting serta dapat dipercaya.

Karena, website lain tidak ragu menjadikan website Anda sebagai acuan atau panutannya. Sekalipun Anda merupakan kompetitornya. Itulah kenapa backlink merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Google Ranking.

Akan tetapi, Anda perlu hati-hati dengan backlink ini. Seperti halnya konten, backlink pun harus memiliki kualitas tinggi. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal-asalan menerima backlink yang berasal dari website sembarang.

3.       Search Intent

Search intent merupakan apa yang sebetulnya dicari para pengguna di Google. Bila para pengguna mencari “tips budidaya lele” itu berarti mencari panduan/tips cara budidaya lele yang benar dan baik. Bukan mencari seputar sejarah serta asal-usul kenapa budidaya lele ada di negara Indonesia.

Atau ketika pengguna mencari “membeli kucing import” itu berarti ia mencari situs yang memang menjual kucing import sebab dia ingin membelinya. Bukan mencari cara mengenai penyelundupan kucing impor yang datang negara luar.

4.       Kecepatan Website

Hampir semua orang akan jengkel apabila masuk ke sebuah website namun websitenya tidak kunjung terbuka. Nah, Google sangat sadar akan kondisi ini. Dimana google mengetahui keinginan para pengguna yang ingin memperoleh informasi yang cepat serta tidak mau berlama-lama menunggu loading. Jadi, Google akan mengutamakan website yang cepat pada mesin pencarian.

5.       Mobile Friendly

Jaman sekarang, handphone adalah aspek yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan orang modern, dan bahkan sekitar 52 persen trafik website berasal dari handphone atau perangkat mobile. Jadi, bukan sebuah hal baru jika pada tahun 2018 silam, Google memasang algoritma baru, yaitu Google Mobile First Index. Dimana algoritma tersebut mengutamakan performa situs pada perangkat smartphone dibandingkan perangkat komputer dan sejenisnya.

Itu artinya, sebuah website yang berat ketika dibuka serta tampilannya tidak beraturan ketika diakses melalui smartphone, akan membuat rangkingnya terjun bebas.

6.       Domain Authority

Dapat dikatakan bila Domain Authority merupakan cara Google dalam menilai reputasi serta keahlian sebuah website seputar topik yang dibahas. Dimana semakin tingginya nilai, akan membuat Google semakin percaya bahwa website Anda memang kompeten pada topik yang diangkat serta dapat memberi konten yang bagus dan bermanfaat.

Website yang memiliki nilai tinggi besar kemungkinan posisinya pun akan lebih tinggi pada mesin pencarian. Seperti halnya ketika sekolah, yang mana para siswa yang memperoleh nilai bagus, akan lebih besar peluang untuk masuk rangking paling atas, atau setidaknya masuk 5 besar dikelas.

7.       Optimasi Kata Kunci

Pengguna mencari hal di Google memakai kata kunci tertentu. Maka lumrah bila kata kunci merupakan faktor yang dapat mempengaruhi ranking website di Google. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan bahwa artikel atau konten yang dibagikan telah dioptimasi terkait kata kunci yang digunakan.

Optimasi kata kunci tersebut dikenal dengan sebutan SEO On Page, yang mana Anda tidak hanya memasukkan keyword dalam kontennya saja, tapi juga pada gambar, meta description, title tags, serta lain sebagainya.

8.       Struktur Website

Untuk struktur website pun menjadi faktor paling utama pada Google Ranking. Hal ini dikarenakan, struktur yang rapi dapat memudahkan Googlebot agar melakukan proses berupa indexing pada website Anda.

Sederhananya, Googlebot merupakan web crawler yang memiliki tanggung jawab dalam memasukkan website milik Anda ke dalam database pada Google. Dengan begitu website miliki Anda nantinya akan muncul pada hasil pencarian ketika pengguna memasukkan keyword tertentu pada Google. Nah, untuk proses atau aktivitas tersebut dikenal dengan nama indexing, yang sering dilakukan oleh orang-orang.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Google Ranking