•  
  •  
  •  
  •  

bounce rate

Apabila waktu mengunjungi suatu website akan terasa lama, maka banyak dari pengguna akan meninggalkannya dan tidak melanjutkan penelusuran. Karena beberapa website tersebut memberikan batas waktu yang relatif tinggi, sehingga terkadang membuat kesabaran tidak akan bertahan lama dan akhirnya tidak lagi mengunjunginya. 

Jika Anda bermain untuk kebutuhan bisnis, bounce rate menjadi sangat penting. Karena memberikan trafik yang tinggi dan memperlihatkan kualitas dari website tersebut. Apabila bounce rate tinggi, tentunya ada beberapa hal yang tidak beres. Dengan begitu perlu melihat faktor penyebab dan solusi terbaiknya, berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Apa Itu Bounce Rate?

apa itu bounce rate

Bounce rate merupakan istilah yang diperuntukkan untuk memperlihatkan jumlah persentase kunjungan terhadap website yang hanya 1 halaman saja tanpa mengklik apapun. Hal ini tentunya pengunjung tidak memiliki opsi untuk mengklik berbagai link yang terdapat dalam website yang dimiliki tersebut. 

Hal ini tentunya sebagai tolak ukur bahwa semakin banyak yang hanya mengunjungi satu halaman saja dan tanpa mengklik link lainnya dapat terindikasi bounce rate tinggi. Untuk itu, Anda harus mengoptimalkan dan menjaga website tersebut tetap berada pada level yang rendah untuk kebutuhan bounce rate nya. 

Faktor Penyebab Bounce Rate Tinggi 

1. Loading Halaman Lama 

Dalam tahap ini, pihak Google sebenarnya telah memberikan informasi mengenai kualitas dari website itu sendiri dengan memperhatikan akses kunjungannya. Hal ini tentunya menjadi poin penting dalam mempengaruhi algoritma yang ada. Dengan begitu, menjelaskan bahwa semakin cepat waktu akses, maka semakin baik. 

Jika terjadi kendala mengenai akses yang lama dan membutuhkan banyak waktu, otomatis hal tersebut memberikan penilaian yang buruk terhadap pengunjung. Sehingga tidak heran membuat banyak yang meninggalkannya dan mencari alternatif yang lain. Hal ini tentunya yang menjadi faktor penyebab bounce rate tinggi. 

2. Melihat Desain UX

Pentingnya untuk memperhatikan desain ux yang tepat dan jelas, terutama untuk pemilihan yang cepat dan tidak ribet. Membuat banyak pengunjung akan menikmati dan berlama-lama untuk menelusuri website yang dimiliki. Faktor kenyamanan harus diperhatikan ketika membangun website, apalagi mengenai desain user experience nya. 

Apabila Anda menerapkan berbagai tombol dan navigasi yang membingungkan, tentunya ini memberikan keibungan dan kesulitan untuk para pengunjung. Dengan begitu membuat mereka akan kesulitan untuk mencari dan menelusuri sesuai keinginannya. Akhirnya mereka akan meninggalkan website dan tidak akan berlama-lama. 

3. Adanya Kesalahan Teknis

Apabila indikasi bounce rate yang terlalu tinggi, mungkin disebabkan oleh halaman yang kosong atau mengalami masalah kesalahan teknis. Biasanya Anda akan menemukan error 404 dan tidak dapat memberikan informasi yang diharapkan. Dengan begitu membuat banyak orang keluar dan tidak mengunjunginya. 

Hal ini tentunya perlu tindakan yang cepat dengan memperbaiki berbagai kesalahan yang ada dan jangan didiamkan begitu saja. Karena akan mempengaruhi penilaian google dan kualitas dari website Anda tersebut. 

Solusi Menurunkan Bounce Rate

Ada beberapa cara untuk memperbaiki dan menurunkan bounce rate agar tetap rendah dan sesuai dengan harapan. Berikut ini ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk proses menurunkannya, yaitu :

1. Kualitas Konten 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyajikan dan memberikan kualitas konten yang bagus dan menarik. Karena faktor terbanyak beberapa orang meninggalkan website, karena menghadirkan konten yang kurang menarik dan tidak berkualitas. Dalam tahap ini Anda perlu meningkatkan kualitas dari kontennya. 

Perhatikan berbagai ketentuan yang ada dan lakukan berbagai riset untuk mendapatkan konten yang benar – benar menarik. 

2. Kecepatan Akses Website

Perlu dipahami apabila pengunjung website itu tidak menginginkan menunggu terlalu lama, apalagi menanti website yang sangat lambat. Meskipun Anda memiliki konten yang menarik dan mempunyai kualitas, tetapi akan ditinggalkan apabila mengalami waktu akses atau loading yang lama dan membosankan. 

Tidak heran banyak yang mengklik halaman utama saja, lalu akan pergi meninggalkannya. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada Anda. Alternatif terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaikinya dan mempercepat aksesnya. 

3. Navigasi Simpel dan Mudah 

Tentunya Anda harus memberikan navigasi yang simpel dan mudah untuk menemukan konten yang diharapkan oleh pengunjung. Dengan begitu membuat pengunjung akan lebih mudah mengoperasikan dan membuat mereka akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diinginkan tersebut. 

4. Tambahkan Internal Link 

Cara terbaik untuk menurunkan bounce rate dapat dilakukan dengan menambahkan link internal terhadap berbagai konten yang lainnya. Sehingga para pengunjung akan menelusuri beberapa halaman lainnya, serta membuat mereka akan lebih lama untuk berada dalam website Anda tersebut. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai faktor penyebab dan solusi terbaik untuk bounce rate yang tinggi. Dengan memperhatikan beberapa ulasan diatas, tentunya dapat memberikan hasil yang maksimal untuk kebutuhan website Anda tersebut.

Faktor Penyebab Bounce Rate Tinggi dan Solusinya!

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: