•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Jika bicara mengenai website, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan setelah membuatnya. Anda tentu menginginkan website yang cantik, komplit dan mudah ditemukan di mesin pencari Google. Karena sebuah website profesional dikembangkan untuk menjadi pusat informasi. Baik personal maupun untuk produk atau jasa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan berbagai tools guna membuat website lebih menarik dari segi tampilan maupun mudah ditemukan dengan menggunakan teknik search engine optimization (SEO). Namun, Anda juga harus memperhatikan tingkat kecepatan mengakses website tersebut. Semua hal yang sudah Anda lakukan akan sedikit mubazir jika speed website melambat.

pengaruh kecepatan sebuah website

Speed ini sangat berperan dalam menarik traffic dan jumlah subscriber. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan pengunjung akan meninggalkan website yang mempunyai waktu loading lama.

Mengapa kecepatan website begitu penting? Berikut beberapa fakta yang mampu menjelaskan hal ini:

  1. Kecepatan Sangat Mempengaruhi Bounce Rate Suatu Website

Bounce rate adalah persentase dari pengunjung yang langsung meninggalkan website ketika baru membuka satu halaman.

Blog dengan bounce rate yang rendah akan diapresiasi baik oleh mesin pencari Google. Semakin rendah bounce rate dari blog tersebut akan berpengaruh pada website itu sendiri.

Kemudahan mengakses sebuah website tentu akan menambah pageviews dan mendorong pengunjung untuk membuka halaman lain dengan demikian berpotensi menurunkan bounce rate website tersebut. Dapat dikatakan bahwa setiap detik pengunjung di website sangat berharga bagi website tersebut.

  1. Kecepatan Juga Mempengaruhi Tampilan Mobile Website

Tampilan website di PC/Laptop biasanya akan berbeda dengan mobile. Sebuah survey dari Kissmetrics menunjukkan bahwa 73% pengunjung via mobile mengeluhkan lambatnya loading website yang dimaksud dan akhirnya berpindah ke website lain yang lebih cepat diakses.

Google sendiri mulai mengembangkan satu project open source untuk mempercepat halaman website diakses  pada perangkat mobile yang diberi nama Accelerated Mobile Page (AMP).

Baca Juga : Tips Mudah Audit Website Pribadi

  1. Untuk Website Penjualan, Kecepatan Ini Sangat Berpengaruh pada Omset Penjualan

Kecepatan akses website tentu saja mempengaruhi omset penjualan. Bisa dibayangkan pada satu website e-commerce yang menggantungkan penjualan melalui online, sangat lambat diakses oleh calon pembeli? Berapa kerugian yang dialami dalam 1 hari? 1 bulan? Atau 1 tahun?

Kondisi ini menyebabkan beberapa website lebih mengutamakan kecepatan dari tampilan website. Tidak lain karena mereka tidak mau kehilangan pembeli potensial yang gregetan karena menunggu terlalu lama informasi dari website yang mereka tuju.

Maksimalkan kecepatan website Anda karena pembeli tidak akan menunggu. Kecuali jika Anda telah menguasai pasar Anda dan membuat pembeli bersedia bertahan untuk menunggu. Jika bukan, percepat akses website Anda!

Kecepatan akses itu sendiri ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Hosting

Faktor hosting menjadi faktor utama pelambatan akses website. Hal ini harus dipertimbangkan sebelum membeli paket hosting. Gunakan paket hosting premium jika Anda akan menjadikan website Anda profesional. Jangan tergiur dengan paket-paket murah dari provider yang tidak direkomendasikan agar website Anda tidak mudah crash. Dan pilih provider yang komunikatif sehingga mudah  dihubungi jika ada masalah dengan hosting.

  1. Template Website

Untuk mempercantik website, Anda dapat menggunakan theme yang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, theme dengan terlalu banyak efek dan plugin justru membuat page speed website menurun.

template website pengaruhi kecepatan website

Sehingga tujuan membuat website yang interaktif justru mengurangi jumlah pengunjung karena akses loading yang terlalu lama.

  1. Gambar

Gambar sangat menguras kemampuan akses sebuah website. Ukuran gambar yang terlalu besar membuat page speed website Anda melambat. Solusinya adalah, pertimbangkan ukuran dan resolusi sebelum mengupload gambar. Jadikan gambar-gambar utama saja yang memiliki resolusi besar. Untuk gambar pendukung, gunakan gambar dengan resolusi standar sekedar pemanis artikel Anda. Dan gunakan format gambar PNG daripada JPEG yang lebih ringan digunakan. Anda juga dapat menggunakan plugin untuk mengkompres gambar Anda secara otomatis.

  1. Widgets

Beberapa tombol action atau button dapat menjadi dalang penyebab lambatnya akses loading website Anda. Pertimbangkan kembali widget-widget yang ada di website Anda dan seleksi mana yang akan dipertahankan dan mana yang akan dihapus agar website lebih cepat diakses. Terlalu banyaknya widget menandakan widget yang Anda pilih tidak efektif dan mulailah untuk menguranginya.

  1. Banyaknya Iklan

Ketika website sudah mulai ditumpangi iklan, ada kebahagiaan tersendiri. Bahwa jerih payah selama ini terbayar dengan mulai banyaknya iklan memenuhi website. Berarti ada pemasukan dari website yang Anda pelihara. Kontradiksinya, terlalu banyaknya iklan dapat membuat akses website melambat dan tentu saja ini juga berpengaruh pada bounce rate Anda karena ketidaknyamanan pengunjung website dengan terlalu banyaknya iklan yang berseliweran. Serba salah bukan!

Dengan mengetahui pentingnya kecepatan akses website dan faktor-faktor yang memperlambatnya, Anda bisa mencari solusi untuk membuat website Anda tetap interaktif namun tidak mengorbankan kecepatan akses. Apalah artinya website yang cantik dan interaktif jika tidak ada pengunjung, bukan?

 

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Sebuah Website

  •  
  •  
  •  
  •