•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Sebagai sebuah mesin pencari utama, Google telah menjadi pusat pencarian seluruh dunia dan menjadi yang diandalkan oleh manusia modern. Guna mengakomodasi kebutuhan user, Google selalu memperbarui algoritmanya. Hal ini dilakukan juga menghindari hacker atau informasi yang tidak akurat hingga menyesatkan beredar di Google dan dijadikan rujukan oleh user internet.

Pembaruan/update algoritma membuktikan bahwa Google tetap mengedepankan informasi yang berbasis data dan manfaat di mesin pencarinya. Sehingga informasi yang relevan dan berkualitas bisa digunakan oleh user Google yang kini banyak menggantungkan sumber informasinya dari sini.

Algoritma Google merupakan mekanisme otomatis yang termasuk di dalamnya proses perhitungan, pemrosesan data hingga ke penalaran yang dilakukan secara matematis. Jika ada data yang masuk dan tidak sesuai dengan standar algoritma, Google akan menempatkannya di bagian bawah.

update algoritma google

Di masa lalu, Google memberitahu ketika akan melakukan update pada mesin pencarinya. Karena update ini dilakukan secara berkala hingga bisa ribuan kali dalam setahun. Kini, update dilakukan secara real time dan tanpa pemberitahuan yang membuat seorang pakar SEO harus mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan yang diakibatkan update algoritma terhadap situsnya. Beberapa update algoritma yang pernah Google lakukan adalah:

  • Pada tanggal 16 November 2003, Google melakukan update besar-besaran yang diberi nama Florida yang memberikan dampak badai besar di dunia SEO. SERP yang ada berubah tampilannya dan teknik SEO yang lama tidak bisa lagi diaplikasikan. Perubahan besar pada SERP menimbulkan dampak yang sangat besar hingga ada perusahaan yang menuntut Google atas update ini.
  • Di tanggal 24 Februari 2011, Panda menjadi update algoritma berikutnya dengan dampak yang juga sangat besar karena teknik-teknik beternak konten dengan kualitas rendah namun membanjiri Google disapu bersih tidak tersisa. Dan bagi web-web yang memiliki konten berkualitas bertahan dan tetap memiliki nilai SERP yang bagus. Sedangkan bagi web dengan konten duplikasi, spam yang user generated hingga keyword stuffing hilang dibersihkan Google.
  • Tahun berikutnya, 24 April 2012, Google menerapkan operasi Penguin untuk link yang tidak relevan karena bersifat spam dan juga membersihkan anchor text yang terlalu teroptimasi. Web dengan indikasi ini akan turun peringkatnya. Algoritma berjalan secara real time dan terus berlangsung.
  • Hummingbird menjadi algoritma terbaru Google yang diluncurkan pada tanggal 22 Agustus 2013. Fokus algoritma ini adalah pada keyword stuffing dan mengecek konten-konten berkualitas rendah.
  • Pigeon merupakan algoritma yang berfokus pada kualitas off page dan on page yang kurang teroptimasi. Dirilis pada tanggal 24 Juli 2014, algoritma ini memberi dampak positif dengan membuat hubungan antara algoritma lokal dan utama menjadi lebih erat. SEO tradisional dapat digunakan untuk memberikan peringkat hasil secara lokal.

update algoritma google mayor

  • Pada tanggal 21 April 2015, algoritma Mobile diluncurkan untuk berfokus pada aksesibilitas website/page untuk memastikan mobile friendly.
  • Untuk mengecek kekurangan fitur pendukung query yang spesifik, digunakan algoritma Rankbrain yang diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2015. Algoritma ini juga bisa mengecek konten yang sedikit dan buruknya user experience.
  • Penempatan kompetisi yang disesuaikan dengan lokasi lebih spesifik dan tertarget menjadi fokus utama algoritma Possum. Diluncurkan pada tanggal 1 September 2016, algoritma ini menghasilkan penelusuran lokal  dengan variasi yang lebih banyak tergantung pada lokasi si penelusur.
  • Kemudian pada tanggal 8 Maret 2017, Fred diluncurkan dengan fokus utama affiliate yang terlalu banyak/terlalu terpusat pada iklan dan sedikitnya konten. Target dari Fred adalah pelanggaran pedoman pada webmaster Google. Blog-blog atau postingan berkualitas rendah yang hanya terfokus pada pendapatan dari iklan akan tersapu bersih.
  • Dan yang terbaru, Core update yang diluncurkan Mei 2020 menjadi update yang paling esensial sepanjang sejarah pembaruan yang dilakukan Google. Pada update kali ini, Google berfokus pada konten yang human friendly bukan robot dan dibuat secara berkualitas dan  relevan dengan pencarian.

Baca Juga : Metode Pembayaran Ketika Membeli Domain dan Hosting

Pembaruan algoritma Google bukanlah sesuatu yang menakutkan. Karena tujuan update ini untuk menghasilkan pencarian yang tepat dan berkualitas. Untuk mengurangi dampak pembaruan pada konten/web, pakar SEO harus selalu mencari informasi dari update real time ini dengan cara-cara di bawah ini:

  1. Google Webmaster Central Blog

Pusat blog ini dulunya merupakan pusat informasi ketika terjadi perubahan seperti Panda, Penguin atau algoritma lainnya.

google webmaster central blog

Blog ini masih bermanfaat untuk mencari tahu pembaruan-pembaruan yang dilakukan Google.

  1. Search Engine Journal

Jurnal ini telah digunakan sejak tahun 2003 untuk menginformasikan pembaruan algoritma Google. Di dalam jurnal ini kita bisa mendapatkan informasi nama algoritma, tanggal peluncuran, gambaran singkat dari dampak algoritma ini hingga informasi seputar update algoritma.

  1. Mengikuti Akun Para Pakar

Ikuti akun-akun pakar SEO yang akan memberikan informasi updateupdate algoritma yang terjadi. Misalnya akun twitter Matt Cuts, Glen Cabes, hingga Marie Haynes.

Ilmu SEO merupakan ilmu yang kompleks dan selalu berkembang sesuai dengan update yang dilakukan oleh Google. Hal ini untuk mencegah penyimpangan hingga kecurangan yang dilakukan hacker untuk motif uang ataupun yang lainnya. Yang bisa kita lakukan adalah membuat konten berkualitas dengan terus mengupdate informasi seputar Google.

 

Google dan Update Algoritma

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: