•  
  •  
  •  
  •  

Bagi pemilik sebuah website atau situs, masuk ranking dalam pencarian Google sangatlah penting. Semakin tinggi ranking yang didapat, maka sudah pasti traffic pengunjung akan semakin tinggi. Tentu saja ada beberapa cara agar situs dapat masuk ranking Google. Tapi, juga ada beberapa hal yang membuat situs masuk dalam ranking tersebut. Apa sajakah hal tersebut? Ikuti terus ulasannya berikut ini. 

Penyebab Situs Tidak Masuk Ranking Google 

Banyak sekali pemiliki situs yang bertanya-tanya, mengapa website yang mereka kelola tidak dapat masuk dalam ranking Google. Padahal sudah membuat website semenarik mungkin, tapi situs tetap tidak terindex. Berikut ini adalah beberapa penyebab, mengapa situs tidak dapat masuk ke ranking Google: 

  • Konfigurasi visibilitas 

Situs seperti WordPress mempunyai sebuah konfigurasi visibilitas. Di mana konfigurasi yang satu ini bertujuan agar bisa mengatur situs tidak terlihat dalam pencarian Google apabila sedang dalam perbaikan. Dengan konfigurasi ini, maka bisa membantu pemiliki situs untuk crawling dalam mesin pencari atau tidak. 

Ada kemungkinan bahwa situs tidak masuk dalam rangking Google karena konfigurasi yang satu ini sedang dalam keadaan menyala. Untuk mengatasinya sendiri sangatlah mudah, bagi Anda yang menggunakan WordPress dapat menuju menu setting ke reading dan pastikan bahwa pada bagian Search Engine Visibility tidak tercentang. 

  • Content plagiat 

Penyebab dari situs tidak dapat masuk ke dalam ranking Google adalah dari isi content yang copy paste. Ada dua kategori content plagiat yang umum terjadi yaitu copy paste dari situs sendiri ataupun situs orang lain. Untuk yang pertama biasanya dilakukan ketika Anda ingin memperbaharui content asli dengan yang alamat baru. 

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa Google sendiri tidak mengizinkan dua content sama dengan alamat URL berbeda. Jadi pada dasarnya content apapun yang bersifat plagiat atau copy paste sudah pasti tidak akan diizinkan Google. Maka dari pada itu, penting sekali untuk selalu membuat content original serta unik. 

  • Keyword Stuffing 

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak telalu mengenal tentang keyword stuffing yang akrab dengan SEO. Keyword Stuffing sendiri ada teknik SEO yang sudah tidak digunakan lagi karena dianggap melanggar ketentuan dari Google. Keyword Stuffing adalah penggunaan kata kunci yang diletakan pada artikel dalam jumlah banyak. 

Apabila Anda membuat sebuah artikel dengan penempatan keyword yang berlebihan dan tidak bervariasi, maka dapat dipastikan ranking situs Anda akan merosot jauh ke ranking paling bawah. Tidak hanya itu saja, keyword yang tidak natural penempatannya pun juga dapat membuat situs mendapatkan ranking terbawah. 

  • Tautan link tidak natural 

Jika berbicara tentang situs yang tidak dapat naik ke ranking Google, maka tidak lepas dari masalah teknik SEO. Salah satu teknik SEO adalah dengan menggunakn Link Building. Pada dasarnya cara yang satu ini adalah dengan menempatkan backlink dari situs yang sudah dikenal baik maka ada kemungkinan bahwa situs Anda juga akan masuk dalam ranking. 

Tapi, hal ini tentu saja akan berbanding terbalik jika Anda menempatkan backlink dari situs yang memiliki kredibilitas buruk. Maka dari pada itulah, Anda harus benar-benar memilih link yang sekiranya natural dari website brekredibilitas baik. Letakan link dengan cara yang natural agar bisa membuat situs mendapatkan ranking. 

  • Alogaritma Google berubah 

Google juga selalu melakukan update terhadap alogaritma yang digunakan sewaktu-waktu. Walaupun pada saat sebelum berubah website masih mendapatkan ranking, tapi bisa saja saat Google mengupdate akan menyebabkan situs merosot rankingnya. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukuplah mudah, yaitu dengan selalu mengikuti aturan dari Google dan selalu mengikuti perubahan alogaritma yang selalu dilakukan. 

  • Adanya malware 

Tidak dapat disangkal lagi bahwa banyak sekali hacker yang bertujuan untuk membuat situs rusak dengan menyebabkan malware. Hal inilah yang sering terjadi ketika situs Anda terkena pembajakan dari hacker. Pada saat situs terserang malware, maka Google akan menghentikan situs Anda dan tidak akan memasukannya dalam daftar pencarian. 

  • Domain sudah tidak aktif 

Penyebab lainnya mengapa situs juga tidak dapat masuk ke dalam ranking Google adalah domain yang digunakan sudah tidak aktif lagi. Apabila domain tidak aktif, maka sudah jelas bahwa alamat situs tidak akan bisa ditemukan. Untuk menghindari masalah ini, maka Anda harus mengingat dengan jelas kapan waktu domain harus diperpanjang. 

Beberapa penyebab di atas memang sering sekali terjadi dan tidak banyak yang menyadarinya. Maka dari pada itu, jika Anda memang benar ingin membuat situs masuk dalam pencarian teratas lebih baik selalu memerhatikan aturan atau ketentuan dari Google. Selain itu, update terus tilmu tentang SEO, karena teknik tersebut merupakan kunci utama agar website mudah ditemukan di mesin pencari Google. 

Hal-hal yang Membuat Situs Tidak Masuk ke Ranking Google

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: