GSC atau Google Search Console merupakan sebuah layanan untuk mempertahankan performa dan kinerja dari website yang Anda miliki pada hasil pencarian di Google. Pastinya ada banyak pemilik website, termasuk Anda yang menggunakan berbagai cara supaya halaman situs dari web bisa menjadi peringkat pertama atau setidaknya akan terlihat di first page pada mesin pencarian.

Cara Untuk Menggunakan GSC

Setelah Anda berhasil menambahkan laman website di GSC dan terverifikasi, maka saatnya bagi Anda untuk mulai memakai GSC dengan baik dan benar. Berikut dibawah ini adalah panduan menggunakannya, simak satu per satu supaya tidak ada yang terlewat :

Istilah pada GSC

Sebelum Anda mulai untuk menggunakan GSC, ada baiknya mengenali terlebih dahulu istilah-istilah terkait dengan layanan tersebut. Berikut dibawah ini adalah istilahnya :

  • Impression

Impression merupakan total dari munculnya link URL pada hasil pencarian. Walaupun link tersebut tidak ditekan atau tidak dibuka oleh pencarinya, hal ini masih bisa disebut dengan impression.

  • Click

Saat pengguna mengklik sebuah link, kemudian muncul pada hasil pencarian di Google. Hal tersebut bisa dihitung sebagai 1x di klik, apabila Anda atau pengguna lainnya mengklik link tersebut kemudian kembali, ini tetap dihitung sebagai 1x klik.

  • CTR

CTR merupakan click dibagi dengan impression lalu dikalikan 100. Apabila link Anda terlihat atau muncul sebanyak 20x pada hasil pencarian, kemudian memperoleh klik sebanyak 10x. Maka, CTRnya akan mendapat 50%.

Menentukan Negara Target

Apabila website Anda mempunyai target audiens pada negara tertentu, maka Anda dapat memberikan instruksi pada Google untuk menjadikan negara tersebut sebagai target pilihan. Caranya cukup dengan membuka GSC versi sebelumnya, kemudian pilihlah Search Traffic. Jika sudah, selanjutnya adalah klik International Targeting.

Apabila langkah-langkah tersebut telah Anda lakukan, berikutnya adalah dengan memilih tab Country. Kemudian tentukanlah negara yang Anda jadikan target. Perlu diketahui, sekalipun Anda menargetkan suatu negara, namun website Anda tetap akan bisa ditemukan oleh seluruh pengguna dimanapun mereka berada.

Menambahkan fitur XML Sitemap

Jika Anda telah menentukan target negara, selanjutnya adalah dengan menambahkan XML Sitemap. Fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada Google (mesin pencari) tentang segala hal tentang halaman yang ada pada website, sekaligus memilah link mana yang penting.

Menghubungkan antara GSC dan juga Google Analytics

Selanjutnya adalah menghubungkan GSC dan juga Google Analytics, kedua tools tersebut akan dapat membantu Anda dalam menganalisis data yang diperoleh. Dengan begitu nantinya Anda bisa memperoleh perspektif baru tentang konten serta keyword mana yang efektif.

Ini Dia Cara Efektif Memakai Google Search Console untuk Melacak Keyword Situs Kamu

Membenahi masalah pada Search Indexing

Kelebihan dari GSC yang paling disukai oleh banyak penggunanya adalah mampu memperbaiki dan menemukan indexing error. Karena jika tidak diperbaiki, maka akan dapat berdampak pada hasil pencarian yang disebabkan berhentinya aktivitas dari indexing error dan crawling di mesin pencari. Berikut dibawah ini adalah error yang kerap kali ditemukan :

  • 404 Error merupakan error yang menunjukkan terjadinya crawler pada mesin pencari walaupun telah mengikuti link, namun yang muncul malah 404 error.
  • Server Error merupakan error yang menunjukkan bila server Anda tidak merespon atau time out. Respon ini biasanya akan terjadi saat website memperoleh trafik sangat tinggi, mengalami maintenance, atau alasan lainnya.
  • Soft 404 Error merupakan error atau adanya kesalahan yang biasa terjadi saat crawler dari mesin pencari memperoleh laman 404 error, namun status pada kode halaman telah mengirimkan pemberitahuan 200 dimana itu berarti sukses masuk ke browser.
  • Not Followed adalah adanya kesalahan atau error yang terjadi saat Google tidak dapat memahami jenis konten pada website. Dimana konten yang dimaksudkan misalnya seperti javascript, flash, iframe dan lainnya.

Mengumpulkan keyword yang potensial

Setiap website Anda dikunjungi oleh pengguna melalui beragam keyword. Anda sebagai pemilik website bisa mengoptimalkan konten yang dijadikan target bagi keyword tertentu. Sehingga ada kemungkinan akan muncul pada rangking tertinggi di hasil pencarian.

Anda bisa melihat keyword yang sedang populer bagi website Anda dengan cara tab Performance. Lalu pada bagian atas, nantinya Anda dapat melihat grafik dan memperlihatkan bagaimana kinerja dari situs Anda. Kemudian, dibagian bawah akan terlihat data berisi kata kunci dan dapat di filter berdasarkan dengan impression, average position hingga CTR.

Optimasi keyword

Idealnya ketika Anda dapat menghasilkan traffic tinggi yang berasal dari keyword yang ditargetkan. Tetapi, mungkin terdapat beberapa keyword yang digunakan tidak berhasil sebagaimana rencana. Tentunya bila hal seperti ini terjadi, Anda harus mengidentifikasi keyword apa yang berpotensi meningkatkan trafik.

Demikianlah cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk memakai GSC guna melacak kata kunci pada website Anda. Lakukan hal ini sesuai dengan langkah-langkah yang telah diberikan supaya tidak salah, diakhir jangan lupa untuk selalu memeriksa trafik website Anda.

Ini Dia Cara Efektif Memakai Google Search Console untuk Melacak Keyword Situs Kamu