•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Siapa yang tidak ingin konten berada di peringkat atas mesin pencarian? Membuat konten berkualitas dan dicari oleh audiens itu menjadi salah satu kuncinya. Namun, hanya sebatas konten berkualitas? Jawabannya adalah tidak, Anda harus memperhatikan dan memahami mengenai algoritma Google dalam bekerja. 

Untuk memahami nya Anda perlu mengenal Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword yang dapat berguna untuk meningkatkan performa di hasil pencarian. LSI Keyword menjadi poin penting dan dipertimbangkan oleh mesin pencarian di Google. Agar dapat mengenal lebih jauh LSI Keyword, berikut penjelasan secara lengkap nya. 

Mengenal LSI Keyword

LSI Keyword adalah relevansi kata atau kalimat yang ada di mesin pencarian. Secara simpel nya, memberitahukan mesin pencarian terkait topik bahasan yang diinginkan pada halaman website. Hal ini pun baik beberapa hal yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung dari keinginan yang muncul di mesin pencarian. Untuk lebih mengenalnya secara lebih mendalam mengenai LSI Keyword, Anda dapat memahami contoh berikut ini.

LSI keyword dan fungsinya

Ketika Anda mengetikkan beberapa kata di mesin pencarian, maka ada banyak topik bahasan yang akan muncul dan terkadang tidak sesuai dengan keinginan. Misal, Anda mengetikan di halaman pencarian mengenai “Mesin” dan ada banyak informasi yang muncul pada halaman pencarian tersebut. 

Dengan demikian, untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai mesin, pastikan Anda mengetik kata yang tepat dan lebih spesifik. Misalnya, “Performa dari mesin motor”, “keunggulan mesin motor A” dan sebagainya. Hasilnya nanti yang didapatkan lebih jelas dan sesuai dengan keinginan Anda terkait informasinya.

Cara Kerja LSI

Untuk memahami cara kerja dari LSI itu sendiri terbilang sulit dan rumit, karena memerlukan beberapa hitungan matematika yang terbilang sangat kompleks untuk dapat memahaminya. Namun pada pembahasan kali ini, kami mencoba mengajak Anda untuk memahaminya secara lebih mudah atau dapat dikatakan secara garis besarnya saja. 

Dapat dikatakan bahwa mesin pencarian itu mencari makan sinonim atau persamaan dari kata yang digunakan. Sehingga, beberapa kata yang digunakan terhubung secara berkaitan dan memiliki makna atau semantik. Misalnya, kata mesin ini dapat diklasifikan beberapa makna didalamnya, baik itu mesin mobil, motor, kapal, dan pesawat. 

Dengan begitu, mesin pencarian akan membentuk dan mengelompokkannya. Peran LSI Keyword nantinya menentukan jenis kata yang dimaksudkan. Sebenarnya, LSI Keyword ini sendiri mempunyai peran yang sangat penting, selain konten untuk Anda, tetapi diperuntukkan untuk mesin pencarian.

Baca Juga : Pentingnya Page Speed Untuk Kebutuhan Search Engine Result Page (SERP) 

Cara Menemukan Keyword LSI

Ada beberapa cara untuk menemukan LSI Keyword yang tepat guna meningkatkan performa atau kualitas dari konten Anda. Berikut beberapa cara nya yaitu :

  • Menggunakan Rekomendasi Keyword atau Autocomplete

Ini dapat menjadi salah satu cara Anda untuk menemukan LSI Keyword yang relevan dengan konten Anda. Autocomplete ini mempermudah Anda dalam melakukan proses pencarian dan memberikan beberapa kata yang sering keluar atau dicari oleh pengguna Google.

research keyword

Ketika Anda membuat konten dan ingin mendapatkan referensi keyword, menggunakan autocomplete ini dapat menjadi alternatif untuk Anda lakukan. Terpenting Anda dapat memaksimalkan hal ini untuk kebutuhan konten Anda, semakin dekat kata Anda dicari, maka semakin besar untuk menaikan rating konten Anda di hasil pencarian. Pastikan Anda dapat memberikan jawaban tepat dan menarik terhadap konten yang dibuat. 

  • Memanfaatkan Hasil Pencarian

Jangan terlalu larut dan cepat ingin cepat menemukan LSI Keyword, sebenarnya dengan menggunakan Google itu sendiri Anda sudah dapat mudah mendapatkannya. Anda dapat langsung mencari topik bahasan dan langsung ke bawah mesin pencarian, maka Anda akan menemukan beberapa kata atau kalimat terhadap topik yang dipilih atau dicari.

  • Menggunakan Tools

Sebenarnya ada beberapa tools yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan dan kebutuhan proses mencari LSI Keyword. Diantaranya Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner,Ubersuggest, LSI Keywords dan banyak lainnya. 

Manfaat LSI Keyword Untuk SEO

LSI Keyword mempunyai keunggulan dan manfaat untuk kebutuhan konten Anda, terutama untuk kebutuhan SEO. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaatnya, yaitu :

  • Meningkatkan Peringkat di Search Engine

LSI Keyword sendiri mempunyai peranan untuk menghubungkan atau mengaitkan antar beberapa kata. Kata lainnya membuat konten Anda menjadi lebih relevan. Dengan adanya keterkaitan di dalam konten Anda membuat search engine lebih mudah menemukan konten yang Anda miliki. 

  • Mendapatkan Kepercayaan

Tentunya konten Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca, karena konten Anda berada di puncak halaman utama mesin pencarian.

meningkatkan kepercayaan pengunjung website

Selain itu, performa lainnya yang mempengaruhi membuat konten mudah diakses, dibaca dan disebarluaskan. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan terhadap konten Anda.

  • Pengunjung Lebih Lama

Dengan memberikan LSI Keyword otomatis Anda diharuskan untuk membuat konten yang berkualitas dan mudah dipahami, sehingga hal ini akan mempengaruhi pengunjung lebih berlama-lama untuk mengunjungi website Anda dan tentunya ini dampak positifnya. 

  • Bounce Rates 

Bounce rates itu sendiri adalah pengunjung yang hadir atau masuk pada website Anda hanya sekilas atau terbatas. Dengan menggunakan LSI Keywords Anda akan memberikan konten yang lebih spesifik ke para pencari di mesin pencarian Google. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai LSI Keyword dan pengaruhnya terhadap SEO. Semoga pemaparan informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam meningkatkan performa website nya. 

Kupas Tuntas Pentingnya LSI Terhadap SEO

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: