•  
  •  
  •  
  •  

Istilah digital banking atau bank digital pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering melakukan transaksi belanja online. Ini merupakan layanan transaksi bank terbaru yang muncul berkat kemajuan teknologi, dimana para pengguna dapat menggunakan jaringan internet untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus ke bank maupun ATM. Lalu, apakah bank digital itu sama dengan dengan internet banking atau mobile banking?

Jika Anda berencana membuka rekening di bank digital, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari layanan transaksi bank tersebut. Namun sebelum itu, ketahui dulu pengertian dan layanan dari bank digital melalui penjelasannya berikut ini.

Apa itu Bank Digital?

Definisi bank digital dalam POJK Nomor 12/POJK.03/2018 OJK RI adalah layanan perbankan elektronik yang memudahkan nasabah memenuhi kebutuhannya dalam hal transaksi keuangan secara cepat, dan bisa dilakukan secara mandiri dengan memperhatikan aspek keamanan. Artinya seluruh kegiatan yang terjadi pada layanan perbankan dapat dilakukan melalui bank digital secara online melalui ponsel nasabah.  

Layanan perbankan ini sebenarnya sudah ada sejak 10 tahun yang lalu, bersamaan dengan munculnya layanan mobile banking dan internet banking. Hanya saja baru akhir-akhir ini populer semenjak kebiasaan belanja masyarakat kita berubah dari konvensional ke online. Bank digital sendiri adalah bank resmi yang diakui secara sah, tapi tidak memiliki kantor offline ataupun ATM.

Jadi mulai dari pembuatan rekening dan semua transaksi di bank ini akan dilakukan secara online melalui ponsel Anda tanpa perlu datang ke kantor bank. Di Indonesia sudah ada beberapa bank digital yang bisa digunakan, diantaranya ada Wokee dari Bank Bukopin, Jago milik Bank Jago, Jenius dari Bank BTPN, dan lain sebagainya.

4 Layanan Digital Banking yang Tersedia

Setidaknya ada 4 jenis layanan digital banking yang bisa digunakan nasabah menurut OJK, berikut diantaranya:

  • Phone Banking, melalui layanan ini nasabah bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer, pembelian, pembayaran, mutasi rekening, bahkan pemblokiran kartu yang hilang dengan cara menghubungi call center bank.
  • Internet Banking, mulai dari cek saldo, transfer dana, mutasi rekening, bayar tagihan, deposito, hingga pembelian dapat dilakukan melalui layanan ini. Caranya adalah dengan mengakses situs bank melalui peramban atau browser dari ponsel Anda.
  • Mobile Banking, memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, mutasi rekening, pembayaran tagihan, catatan keuangan, dan pembelian. Layanan ini hadir dalam bentuk aplikasi mobile phone.
  • SMS Banking, merupakan layanan transaksi perbankan yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi melalui fitur SMS (Short Message Service). Layanan SMS Banking pada dasarnya hampir sama dengan Internet Banking dan Phone Banking.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital yang Perlu Diketahui

Meskipun bank digital disebut sebagai inovasi teknologi keuangan paling mutakhir, tentu saja layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda yang hendak membuka rekening bank digital perlu mengetahui hal tersebut dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan bank digital yang perlu diketahui.

Kelebihan

  • Cepat, mudah dan murah karena setiap transaksi mulai dari transfer, pembelian produk pasar modal, hingga pembayaran tagihan seperti listrik dan air dapat dilakukan melalui ponsel. Dibandingkan bank konvensional, tarif atau biaya dari bank digital juga jauh lebih murah. Nasabah juga tidak perlu capek antri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan bank.
  • Buka 24 jam setiap hari, sehingga kapan saja dan dimana saja para nasabah dapat melakukan transaksi asal punya koneksi internet. Anda tidak perlu menunggu sampai bank beroperasi ataupun datang ke ATM untuk bertransaksi.
  • Jaminan keamanan yang lebih baik dan bebas peretasan karena sudah dilindungi oleh proteksi firewall berlapis.

Kekurangan

  • Keamanan data yang diragukan karena sering muncul kasus dimana data nasabah bocor di internet. Memang bank digital punya teknologi canggih yang bisa menjamin keamanan tersebut, hanya saja itu tidak menutup kemungkinan terjadinya serangan hacker. Apalagi jika kebocoran data tersebut terjadi karena diretas oleh orang dalam ataupun ketika human error. Sehingga Anda harus berhati-hati ketika bertransaksi di bank digital.
  • Keterbatasan internet di Indonesia membuat layanan perbankan ini tidak bisa digunakan. Sampai saat ini memang masih banyak daerah yang belum memiliki kualitas internet yang baik, bahkan ada daerah yang belum tersentuh internet sama sekali. Seperti orang-orang yang tinggal di pulau terpencil atau terluar Indonesia, mereka tidak dapat menggunakan koneksi internet yang stabil seperti Anda yang tinggal di pulau-pulau besar seperti Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.
  • Nasabah sulit mengontrol transaksi keuangan (boros) karena layanan perbankan digital memudahkan mereka dalam melakukan banyak hal, terutama ketika berbelanja online.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai bank digital, berikut dengan kelebihan dan kekurangannya. Apapun layanan perbankan yang digunakan, sebaiknya Anda tetap berhati-hati. Tidak terkecuali pada bank digital yang kini hadir di Indonesia.

Mau Buka Rekening Bank Digital? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: