•  
  •  
  •  
  •  

SEO

Saat melakukan pelaksanaan SEO, kamu harus memperhatikan 2 hal, yang pertama adalah SEO On Page dan kedua yaitu SEO Off Page. Kamu juga harus tahu bahwa On Page atau Off Page, dua elemen tersebut sangat penting sehingga kamu harus melakukannya sangat maksimal. Sebelum kamu bisa masuk ke Off Page maka kamu harus bisa menjalankan terlebih dahulu On Page dengan benar. 

Nah, disini ada berbagai komponen SEO On Page yang perlu direalisasikan, seperti menulis artikel yang benar dan relevan, membuat penelitian keyword, menggunakan tag dan yang pastinya masih banyak lagi. Nah, sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, apakah kamu sudah tahu apa itu SEO? 

SEO ini merupakan taktik optimalisasi yang berguna untuk meningkatkan ranking di mesin pencarian pada sebuah website, sehingga website tersebut selalu di urutan pertama. Lalu, mengapa harus ada di mesin pencarian? Karena hal tersebut pada dasarnya digunakan untuk membuat orang tertarik, sebab orang akan lebih percaya pada website-website yang sudah memiliki ranking bagus dan juga yang langsung keluar di halaman pertama ketika ingin mengetiknya.  

Oleh karena itu, SEO sangat direkomendasikan untuk para perusahaan sehingga tidak kalah dengan kompetitor lainnya yang juga sudah menggunakan SEO. Hal tersebut dilakukan agar bisnis kamu bisa berkembang dan tidak hanya jalan ditempat saja. Karena pastinya para kompetitor juga akan melihat perkembangan bisnis mu, jika kamu stuck di tempat, maka tentu saja mereka akan leluasa untuk melakukan promosi besar-besaran pada websitenya. 

Nah untuk itu, simak lebih lengkap mengenai komponen apa saja yang harus ada di SEO On Page berikut ini! 

Berikut 6 Komponen SEO On Page yang Wajib DiKetahui

Komponen-komponen SEO

Komponen dasar dari SEO yaitu diharuskan blog yang kamu miliki tersebut merupakan SEO Friendly atau ramah dengan mesin pencari. Karena sebenarnya sebuah blog sudah memiliki standar tertentu, sehingga mudah untuk dicari dan dikenali oleh mesin pencari. Selain itu, blog juga harus mempunyai kegunaan dan navigasi yang dapat mempermudah pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari. Hal itulah yang disebut juga sebagai User Friendly. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua hal dalam On Page bisa berpengaruh untuk blog yang kamu miliki. Sebab ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, yang akan memberikan pengaruh sangat besar di dalam SEO On Page, yakni: 

1. Meletakkan Keyword 

Kamu harus menempatkan sebuah kata kunci tertentu di halaman blog yang akan dioptimasi supaya algoritma Google bisa langsung memahami fokus yang dibahas. Untuk bagian-bagian di dalam blog yang perlu kamu tambahkan kata kunci, antara lain: 

  • Judul Halaman (Title Tag) 
  • Meta deskripsi 
  • Di awal paragraf artikel 
  • Internal links 
  • H1, H2, dan H3 tags 
  • Semantic URLs
  • Sistem navigasi 
  • Gambar

2. Making Content 

Selanjutnya yang harus menjadi perhatian lebih yaitu Making Content. Bila kamu perhatikan, saat ini yang mendominasi SERP Google (Search Engine Result Page) adalah blog yang mempunyai konten berkualitas dan juga relevan dengan kata kunci yang dicari oleh para pengguna. 

Untuk itu, maka kamu juga harus membuat konten berkualitas yang relevan dengan apa yang saat ini banyak dicari oleh pengguna. Selain itu, kamu harus bisa mempertimbangkan untuk membuat konten artikel pembahasan yang jelas dan lengkap. 

Karena pada umumnya, konten yang jelas dan sesuai dengan topik pembahasan akan lebih mudah untuk masuk dalam halaman utama di search engine google, bahkan bisa bertahan lama pada puncak pencarian pengguna. 

Kamu bisa menempatkan kata kunci yang akan ditujukan di 100-150 kata pada paragraf awal di artikel blog yang ingin dioptimasi dengan baik. 

3. Tingkatkan Engagement 

Pengunjung blog dengan tingkat interaksi yang tinggi menjadi hal yang sangat penting dalam SEO On Page. Hal tersebut akan mengerucutkan jumlah bounce rate atau tingkat pentalan yang ada di suatu blog. 

Nah, strategi untuk mengurangi bounce rate tersebut yaitu dengan menambahkan multimedia, seperti gambar interaktif atau penjelasan dibuat sangat menarik sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama. 

4. Loading Blog dan Tingkatkan Kecepatan 

Pada suatu blog, tingkat kecepatan loading akan sangat berpengaruh pada SEO. Blog dengan loading lambat di atas 2 detik maka akan langsung ditinggalkan oleh pengunjung. Karena mereka ingin mencari informasi di blog dengan cepat. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog. 

5. Inbound Links 

Penambahan link ke halaman blog yang lain sangat mempengaruhi SEO. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambahkan inbound links yang sesuai dengan topik dan relevan dengan artikel berikutnya.

6. SEO Friendly 

Keunggulan menonjol dari WordPress yakni kamu bisa mengatur Permalinks yang ramah untuk para pengguna. Hal tersebut tentunya beda dengan platform Blogger otomatis yang menggunakan struktur URL bulan dan tahun.

Mempelajari Komponen di Dalam SEO On Page

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: