•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Saat ini, aplikasi mobile yang ada di App Store jumlahnya ada lebih dari 2 juta buah yang terbagi dalam berbagai kategori. Baik aplikasi mobile gratis maupun yang berbayar, setiap developer pasti ingin perangkat lunak ciptaannya dapat ditemukan pengguna dengan mudah di toko aplikasi mobile tersebut. 

Setiap meluncurkan aplikasi mobile terbaru di App Store, mau tidak mau para developer akan berhadapan dengan masalah besar tersebut. Termasuk juga beberapa metode pemasaran aplikasi yang sangat penting untuk dipahami apabila sekarang Anda sedang menggeluti dunia aplikasi mobile. 

Pada kesempatan ini, kami akan mengenalkan kepada Anda tentang App Store Optimization (ASO), sebuah teknik penting yang wajib dikuasai para pemilik aplikasi. Teknik ASO harus Anda pelajari dengan baik dan benar dan juga tidak boleh dilewatkan karena menjadi elemen terpenting dalam meningkatkan daya saing aplikasi mobile. Jadi, sudahkah Anda menggunakan teknik ASO atau sekilas baru mendengar istilahnya?

Tingkatkan Daya Saing Aplikasi Mobile dengan Menggunakan ASO

Berdasarkan beberapa riset yang dilakukan secara mendalam terhadap App Store Optimization (ASO), ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan pengaruh teknik pemasaran ini terhadap persaingan yang terjadi pada aplikasi mobile. Sesuai dengan namanya, teknik ASO merupakan salah satu cara meningkatkan rangking sebuah aplikasi mobile atau optimasi posisi di pencarian toko aplikasi (playstore atau app store).

Apabila di hasil pencarian app store aplikasi mobile yang dimiliki menempati peringkat teratas, maka semakin berpotensi pula aplikasi tersebut akan dilihat oleh para pengguna smartphone. Dengan demikian, tidak mungkin bila jumlah traffic yang dihasilkan sedikit, karena rangking dan posisi dari aplikasi tersebut sudah mengalami peningkatan lebih baik di halaman toko aplikasi mobile smartphone pengguna. 

app store optimization

Jadi, para developer yang menggunakan teknik ASO ini secara umum memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah traffic pada sebuah aplikasi mobile di halaman app store pengguna smartphone. Setelah menggiring banyak traffic, masih ada tujuan akhir yang ingin dicapai melalui cara optimasi ini, yaitu membuat para pengguna mengambil tindakan seperti menjadi pemilik aplikasi mobile tersebut. 

Pemahaman Anda sangat penting dan dibutuhkan dalam proses penggunaan ASO. Oleh karena teknik ini akan dikategorikan berdasarkan pengguna yang diinginkan atau menyesuaikan target konsumen, tidak terkecuali terhadap penggunaan kata kunci atau “keywords” yang para pengguna sering gunakan ketika sedang mencari aplikasi mobile serupa untuk menemukannya. 

Tidak hanya itu saja, mengenai keyword pada App Store Optimization juga harus dipelajari lebih dalam. Misalnya jenis keyword apa yang para pengguna sering ketikkan di halaman pencarian toko aplikasi mobile. Dalam strategi pemasaran aplikasi, Anda harus benar-benar mengerti dan memahami kebiasaan pengguna dalam segi bahasa yang banyak digunakannya. Contohnya, ketika Anda memiliki aplikasi pinjaman online OJK seperti aplikasi Tunaiku maka gunakan keyword yang berkaitan dengan pencarian tersebut pada teknik optimasi ASO. 

Baca Juga : Keunggulan dan Kelebihan Pinjaman KTA Untuk Keperluan Kampanye SEO

Mengapa Cara Optimasi Aplikasi Mobile Menggunakan ASO Sangat Penting?

Ada lebih dari 40% pengguna smartphone menggunakan halaman pencarian app store untuk mendapatkan aplikasi mobile yang ingin didownload.  Untuk meningkatkan daya saing suatu aplikasi, ada berbagai cara dilakukan para developer dan salah satunya adalah teknik ASO ini. ASO memberikan pengaruh cukup besar terhadap optimasi peringkat sebuah aplikasi mobile di halaman pencarian app store atau playstore smartphone pengguna. 

Maka akan sangat sayang apabila para developer melewatkan teknik optimasi ini ketika berupaya meningkatkan daya saing aplikasi mobile yang dibuatnya di pasaran. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa di toko aplikasi mobile smartphone saat ini jumlahnya ada lebih dari dua juta dengan berbagai kategori. Bagaimana caranya aplikasi mobile yang Anda buat bisa terus terlihat oleh pengguna adalah tugas terbesar yang harus dikerjakan dengan baik. 

Potensi membuat banyak pengguna melihat aplikasi mobile yang Anda kembangkan akan semakin besar ketika menggunakan App Store Optimization. Dan dalam teknik optimasi ASO yang terpenting adalah penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat dan sesuai dengan yang tersering dipakai pengguna toko aplikasi mobile. 

Optimasi Keyword di Teknik ASO (Contoh Kasus: Pinjaman Online OJK)

Mencari kata kunci yang relevan dengan target pengguna terlebih dahulu harus Anda lakukan ketika proses peningkatan rangking pencarian terhadap sebuah aplikasi di app store atau playstore. Penggunaan keyword yang tepat di teknik ASO, berpotensi menarik traffic tinggi dari para pengguna smartphone. 

Sebagai contoh, Anda sedang mengembangkan aplikasi mobile berupa pinjaman online OJK, tentu kata kunci yang harus digunakan harus relevan. Lantas, bagaimana cara melakukan optimasi dengan kata kunci Pinjaman Online OJK?

  • Pertama, menempatkan kata kunci paling relevan dengan Pinjaman Online OJK di judul aplikasi. 
  • Kedua, pastikan kata kunci dapat dengan jelas mendeskripsikan mengenai Pinjaman Online OJK.
  • Ketiga, menempatkan kata kunci pada deskripsi sebanyak 4-5 kali tanpa harus memperhatikan tingkat kesulitannya.
  • Keempat, secara berkala memantau kata kunci yang Anda gunakan pada aplikasi mobile. 

Kesimpulannya, penggunaan ASO sangat penting ketika proses optimasi aplikasi mobile. Dan untuk tepat menggunakan teknik tersebut, para developer harus memahami penggunaan keyword yang relevan dengan target pengguna. 

Mengenal App Store Optimization (ASO) untuk Meningkatkan Daya Saing pada Aplikasi Mobile

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: