•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Meski pun bukanlah menjadi hal baru dalam SEO, namun membicarakan tentang private blog network memang selalu seru dan tidak pernah ada habisnya. Hal itu tidak lepas karena private blog network atau PBN merupakan salah satu strategi offpage yang begitu powerfull. Karena itulah pembahasan tentang PBN selalul memunculkan rasa penasaran yang tidak ada habisnya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Private Blog Network

Pembahasan tentang PBN memang tidak pernah ada habisnya utamanya karena tidak semua orang mempunyai akses terhadap PBN. Entah itu dari sisi ilmu hingga masalah dana. PBN merupakan salah satu teknik dalam SEO abu – abu dimana dibutuhkan biaya yang mahal untuk bisa mengaksesnya. Oleh sebab itu, ilmunya pun tidak bisa dengan mudah untuk didapatkan. Apabila ada yang menawarkan jasa PBN dengan harga murah, itu merupakan suatu hal yang mustahil. Bisa – bisa hanya berupa php saja.

Meski pun demikian, sebenarnya PBN bisa dibuat dengan memakai platform apa pun, termasuk platform gratisan seperti wordpress.com atau pun blogspot. Tetapi tetap yang direkomendasikan serta yang paling dikenal kekuatannya ialah yang memakai self hosted berbayar.

PBN sendiri dibuat dengan menggunakan expired domain dari bekas website yang memiliki kualitas tinggi yang lupa atau pun tidak diperpanjang oleh pemilik yang sebelumnya. Kualitas itu sendiri bisa ditandai dengan adanya skor matriks yang bagus, meliputi: CF atau Citation Flow dari Majestic.com, TF atau Trust Flow dari Majestic.com, PA atau Page Authory dari Moz.com serta DA atau Domain Authority dari Moz.com.

Skor – skor tersebut terbentuk dari hasil optimasi spektakuler yang sudah dilakukan oleh pemilik yang sebelumnya. Karena skor – skor tersebut, domain tersebut telah memperoleh ganjaran blacklinks yang begitu kuat dari high authority website  dimana namanya pasti sudah tidak asing di telinga anda, mulai dari Forbes, Adobe, TechCruch, CNN, CNET, Mashable, Yahoo, Yellowpages, Huffingtonpost, Wikipedia serta yang lainnya. Tidak hanya itu saja, PBN pun harus mempunyai riwayat yang bersih dari spam links dan memenuhi seluruh kriteria dari domain yang baik.

Baca juga : WhatsApp Lite Terbaru dan Fitur

Agar lebih mudah untuk bisa memperoleh expired domain yang cocok sebagai PBN, pastinya kita memerlukan bantuan dari tools premium, utamanya dari Majestic dan Moz serta melalui layanan pencarian expired domain berbayar. Setelah itu, expired domain masih perlu untuk dilakukan registrasi, diset up hostingnya, diinstal cms nya serta diisi kontennya.

Perlu untuk diketahui, biaya registrasi dari expired domain PBN bisa menjadi lebih mahal dari registrasi normal utamanya jika PBN didapatkan dari sistem lelang. Marketplace hstong yang dipergunakan untuk PBN juga tidak boleh sembarangan serta harus terpisah antara satu dengan lainnya. Terkait dengan urusan CMS, juga harus dilakukan beragam agar tidak meninggalkan footprint serta bisa terdiversifikasi dengan baik. Terkait dengan urusan konten, pastinya harus yang unik, panjang, memiliki kualitas yang baik.

Karena ini merupakan pembangunan ‘network’, maka tahapan – tahapan tersebut harus diulang untuk bisa menjadi sebuah PBN. Jnilah satu penyebab mengapa PBN memang membutuhkan biaya yang mahal untuk mengaksesnya.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Private Blog Network

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: