Anda ingin mengembangkan website? Supaya lebih maksimal, terdapat hal yang perlu Anda lakukan yaitu SEO audit. Apakah Anda telah melakukannya dengan rutin? Seperti yang Anda ketahui, SEO merupakan pondasi utama untuk pengembang website atau marketer guna menduduki peringkat teratas di mesin pencari Google. 

Dengan begitu, SEO hanyalah untuk mengoptimasi SEO off page dan on page saja. Anda pun perlu melakukan audit pada SEO guna memastikan kembali jika SEO yang Anda optimalkan telah berjalan dengan efektif. Lalu, apa itu SEO audit? Dan apa saja yang perlu dilakukan ketika audit? Yuk, mari simak ulasannya berikut ini! 

Pengertian SEO Audit 

Dikutip dari Glints.com, SEO audit merupakan aktivitas menganalisis performa website guna memastikan sebaik apa keberadaannya pada halaman pencarian Google. Dapat dikatakan jika SEO audit merupakan aktivitas mengevaluasi website, khususnya dari sisi SEO. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sebanyak-banyaknya masalah yang bisa berpengaruh pada kinerja website pada mesin pencarian Google. Dari hal tersebutlah Anda dapat memperbaiki masalah yang ada agar website Anda bisa bersaing dengan website kompetitor lainnya. 

Umumnya, kegiatan audit ini perlu dilakukan secara berkala agar website Anda tetap mempunyai performa yang bagus untuk jangka waktu yang lama. Menurut Neil Patel, audit SEO bisa membantu Anda untuk: 

  • Menemukan kelemahan yang dimiliki website Anda. 
  • Memperoleh gambaran umum tentang SEO website Anda. 
  • Mengetahui masalah yang harus ditingkatkan dan diperbaiki. 
  • Memberikan perbandingan website Anda dengan kompetitor. 

Apakah Penting Melakukan SEO Audit? 

Dari ulasan di atas, sangat terlihat jika audit SEO merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peran sangat penting untuk mengembangkan website. Apabila Anda tidak melakukan audit ini, bisa jadi website Anda sulit untuk muncul pada halaman pencarian di Google. 

Nah, untuk lebih meyakinkan Anda, berikut ini kami akan memberikan berbagai alasan mengapa penting sekali untuk melakukan audit. 

  • Mengetahui masalah SEO

Permasalah teknis pada SEO sangat penting untuk Anda cari tahu secara cepat. Karena, apabila masalah teknis ini tetap ada dan tidak kunjung Anda selesaikan juga, maka otomatis Google akan kesulitan untuk mencatat situs website Anda. Sejumlah masalah teknis yang umumnya ada pada website, seperti URL website yang rumit, halaman error, kecepatan website dan lainnya. 

  • Mengetahui masalah SEO off page dan on page 

Alasan selanjutnya mengapa SEO audit sangat penting dilakukan yaitu sebab bisa mengetahui masalah yang ada di SEO off page dan on page. Dikutip dari Glints.com, lewat audit Anda bisa mengetahui apakah meta description yang harus ditingkatkan atau internal link yang tidak maksimal. Anda pun bisa mengetahui performa dari backlink. 

  • Mempermudah untuk membuat strategi konten 

Audit SEO bisa membantu Anda untuk membuat strategi konten. Karena, Anda sudah mengetahui apa saja dalang masalah yang ada di website Anda, baik dari off page dan on page, teknis SEO, hingga masalah UX design. 

Lalu, lewat audit SEO juga Anda bisa memperoleh berbagai data penting dari website Anda, seperti keyword tertentu, search volume, dan data pengunjung. Dengan data itu bisa membantu Anda untuk membuat strategi konten selanjutnya. 

Pengertian Audit SEO dan Cara Melakukannya

Tahap-Tahap untuk Melakukan SEO Audit 

Sesudah Anda mengetahui SEO audit dan perannya untuk mengembangkan website, maka berikutnya Anda harus mengetahui cara untuk melakukan SEO audit, seperti berikut ini. 

  • Cek mobile-friendly 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika SEO audit yaitu mengecek apakah website Anda mobile friendly atau tidak. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Karena, dikutip dari Glints.com, berdasarkan pernyataan resmi dari Google, sekitar 50% lebih pencarian kueri berasal dari seluler. 

Cara untuk mengeceknya, Anda bisa berkunjung ke website Google’s Mobile-Friendly Tool, lalu masukkan website Anda pada kolom yang muncul. Dari situlah, Anda bisa mengetahui website Anda mobile friendly atau tidak. Bila tidak, maka nanti tool tersebut bisa memberitahu Anda berbagai hal yang perlu diperbaiki. 

  • Lakukan perbaikan kecepatan website 

Beberapa tahun yang lalu Google sudah merilis pernyataan jika kecepatan website bisa menjadi faktor naik dan turunnya posisi website pada halaman pencarian. Untuk itu, Anda dapat melakukan SEO audit dengan memperbaiki kecepatan website Anda dengan baik. 

Caranya dengan mengoptimasi gambar. Jangan memberi gambar menggunakan size yang besar sebab dapat mempengaruhi kecepatan dari website. Jangan lupa update hosting Anda supaya memiliki memori penyimpanan yang banyak. 

  • Kembangkan SEO on page 

Hal ini juga sangat penting untuk Anda lakukan. Mulai dengan mencari kata kunci yang tepat, slug, tag dan membuat internal link dengan rapi. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan jika website Anda bisa masuk ke halaman paling atas di pencarian Google. 

Demikianlah ulasan singkat tentan SEO audit dan cara melakukannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda yang sedang merintis website untuk bisnis. Selamat mencoba! 

Pengertian Audit SEO dan Cara Melakukannya

Tagged on: