Mengoptimalkan mesin telusur merupakan bagian penting dalam melakukan rencana pemasaran digital secara sukses. Sementara untuk brand dan perusahaan menemukan opsi lain guna menghasilkan trafik melalui jejaring sosial hingga secara klasik.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan sosial media, maka akan membutuhkan mesin pencari sebagai alat yang dapat membantu Anda dalam mendorong pergerakan organik pada sistem online. Karena sekarang ini, pasti sudah ada begitu banyak orang yang memanfaatkan Google.

Sekalipun ada begitu banyak komponen yang berbeda bagi penggunaan SEO agar bisa sukses, Anda harus tahu hal terpentingnya yaitu strategi keyword. Dimana kata kunci merupakan bahan bakar untuk SEO dalam dunia digital.

Mengenal Keyword Longtail dan Short Tail

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika ingin SEO berhasil maka harus menggunakan keyword yang tepat. Dimana keyword adalah kata yang biasanya digunakan pada mesin pencari guna menganalisis suatu blog atau website.

Tujuannya adalah supaya blog atau website milik Anda mudah untuk ditemukan di mesin pencarian, karenanya Anda harus menggunakan kata kunci yang pas dan sesuai dengan bahasan dari website itu sendiri.

Lalu, sebenarnya keyword sendiri mempunyai dua jenis dan Anda juga harus mengetahuinya, supaya bisa memilih ingin menggunakan yang mana. Berikut adalah penjelasannya :

Short tail

Kata kunci atau keyword yang singkat, pada juga jelas. Biasanya hanya terdiri satu kata hingga dua saja. Jenis dari kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, karena memang penggunaannya yang tidak terlalu spesifik.

Selain itu, bila Anda menggunakan keyword yang pendek ini. Biasanya kata yang digunakan adalah bersifat umum sehingga membuatnya menjadi lebih sulit memperoleh ranking tinggi pada SERP Google. Tetapi bukannya tidak mungkin short tail tidak memiliki peluang untuk bisa sukses.

Hanya saja, Anda dituntut untuk lebih sabar, bekerja keras serta pendekatan secara tepat hingga nanti akan terlihat hasilnya. Tetapi, bila Anda merasa penggunaan short tail ini kurang efektif, maka ada baiknya menggunakan keyword yang berjenis long tail.

Longtail

Kata kunci selanjutnya adalah longtail keyword dimana pada jenis ini biasanya akan lebih spesifik, targetnya jelas, serta tingkat persaingannya lebih sedikit sehingga akan lebih memudahkan pengguna atau pencari informasi menemukan info yang dicarinya.

Namun, jenis keyword ini memiliki kelemahan seperti :

  • Volume pencariannya lebih rendah.
  • Judul tidak akan terlihat secara menyeluruh.
  • Artikel yang menggunakan longtail keyword, lebih sulit memperoleh trafik.

Pilih Longtail Keyword atau Short Tail Nih? Tips SEO Kekinian buat Kamu yang Galau

Cara untuk menentukan kata kunci yang tepat

Dalam menentukan penggunaan keyword tentunya juga tidak bisa sembarangan, karena memang harus tepat dan sesuai dengan tema. Supaya bisnis atau brand yang Anda miliki dan ingin diperkenalkan secara digital bisa berhasil dan mudah ditemukan oleh pencarinya.

Karenanya Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini agar bisa memperoleh hasil maksimal, yaitu :

Sesuaikanlah dengan layanan atau produk brand

Hal pertama adalah dengan menerapkan kata kunci atau keyword yang memang sesuai dengan jasa atau produk dari brand yang Anda miliki. Apabila Anda menjual kopi lokal, maka keywordnya bisa dimulai memakai nama dari merek tersebut. Biasanya nama produk atau jenis dari brand tidaklah panjang, ini termasuk dalam short tail keyword.

Memanfaatkan sub judul

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan keberadaan sub judul pada sebuah website atau artikel. Jika Anda memiliki sub judul, maka jadikanlah highlight dari sub tersebut sebagai keyword supaya membantu website atau blog Anda memperoleh indeks.

Survei sesama pesaing

Sama seperti ketika Anda membuat rencana pemasaran, tentunya Anda harus mengetahui dan melakukan riset mengenai apa saja judul, hastag, pos dari para pesaing. Apalagi jika produk atau jasa yang dipasarkan mempunyai persamaan. Dengan membuat riset, nantinya akan lebih mudah bagi Anda mencari celah supaya bisa memperoleh keuntungan.

Keyword dengan lokasi

Keyword lokasi merupakan cara terbaik dalam hal menargetkan para pengguna yang memiliki tempat tinggal berada dekat dengan lokasi Anda berbisnis. Contohnya, apabila Anda menjual jajanan pasar yang berlokasi di Kota Surakarta, maka secara otomatis para pengguna akan menelusuri siapa saja yang menjual jajanan di kota tersebut, jadi pastinya mereka bisa dengan mudah menemukan toko Anda.

Keyword informasional

Pada dasarnya tidak semua pengguna mencari layanan atau produk Anda telah mempunyai keinginan untuk membelinya. Karena memang biasanya mereka berselancar di dunia maya, hanya untuk mencari info mengenai produk atau jasa sebelum memutuskan membeli/ menggunakannya.

Intinya keyword merupakan urat nadi bagi mesin pencari. Dimana untuk memaksimalkan konten Anda secara benar guna memperoleh lebih banyak trafik dan visibilitas pada SERP, Anda harus melakukan penelitian keyword yang substansial. Namun, kata kunci manakah yang perlu digunakan di dalam metadata juga salinan situs Anda.

Pilih Longtail Keyword atau Short Tail Nih? Tips SEO Kekinian buat Kamu yang Galau