Deskripsi meta yang baik itu biasanya harus disesuaikan dengan isi dari website atau situs itu sendiri. Karena jika tidak begitu, orang-orang yang berkunjung ke situs Anda akan merasa seperti ditipu dan akan langsung keluar tanpa repot membaca konten yang ada pada website.

Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka bounce rate bisa menjadi tinggi. Tentunya hal ini tidak baik bagi peringkat situs yang Anda miliki pada mesin pencari. Karenanya buatlah meta description semenarik mungkin, supaya pengunjung betah.

Itulah mengapa banyak yang mengatakan jika meta description merupakan ujung tombak dari sebuah website. Buatlah susunan huruf 160 karakter tersebut menjadi sebuah kalimat yang menarik minat serta rasa penasaran dari pengunjung.

Apa yang dimaksud dengan meta description?

Deskripsi meta merupakan sebuah bagian atau kode yang akan memberikan informasi pendukung mengenai halaman website. Namun, info tersebut biasanya tidak akan muncul pada halaman web yang dimaksud.

Meta description sendiri biasanya digunakan pada strategi pemasaran online atau segala sesuatu yang berkaitan dengan mesin  pencari. Peranan dari deskripsi ini amatlah penting, karena bisa meningkatkan peringkat bagi halaman/ website Anda.

Dengan Anda berhasil memegang kendali atas info yang nantinya akan ditampilkan pada mesin pencari, maka akan membuat para peselancar dunia maya menjadi tertarik untuk singgah. Apalagi jika memang website Anda memberikan apa yang sedang mereka butuhkan saat itu.

Cara untuk membuat meta description menjadi menarik minat para pengunjung

Tentunya Anda juga ingin bisa membuat meta deskripsi yang baik supaya dapat menarik minat para pengunjung agar mereka mau membaca isi website Anda.

Berikut dibawah ini adalah langkah serta cara untuk membuatnya :

  1. Ciptakan kalimat yang menarik

Buatlah kalimat dimana seolah-olah Anda dapat membaca pikiran audiens, misalnya “kamu ingin menjadi kaya, namun tetap bisa rebahan di rumah? Ini caranya.” Lalu pastikan bila kalimat tersebut memang sesuai dengan isi dari konten. Jangan sampai pengunjung yang sudah tertarik menjadi kecewa, karena isi dari artikel tidak nyambung dengan deskripsi.

  1. Harus menjadi solusi

Kalimat deskripsi yang Anda buat harus dapat menjadi sebuah solusi serta jalan keluar bagi audiens, sesuai dengan permasalahan yang sedang mereka hadapi. Contohnya “untuk menjadi seorang content creator, maka harus bisa memaksimalkan potensi diri.”

Jika deskripsinya seperti itu, maka isi dari kontennya haruslah mengenai seputar menggali potensi diri agar bisa menjadi content creator yang baik. Atau bisa juga tentang teknik dalam pengeditan video atau hal-hal lain yang berhubungan dengan editing video.

  1. Gunakan kalimat yang tegas

Anda harus bisa membuat kalimat ajakan secara tegas, sehingga audiens mau mengklik website yang Anda miliki. Berikut adalah contoh dari kalimat ajakan, “Jangan merasa ragu, langsung klik saja!” atau bisa juga menggunakan “Ayo buruan belanja, nanti kehabisan.” dan kalimat-kalimat lainnya. Anda memang harus kreatif untuk membuat meta description.

  1. Hindari penggunaan kalimat atau kata yang sama

Ketika Anda membuat kalimat untuk metadescription, ada baiknya menghindari penggunaan kalimat atau kata yang sama. Apalagi jika tidak ada makna dan bertujuan hanya untuk menutupi kekurangan karakter/ kata.

  1. Sertakan keyword

Kata kunci merupakan bagian terpenting untuk bisa memperoleh peringkat pada mesin pencari. Dimana search engine ini akan mencari keyword pada halaman Anda dan melihat seberapa baik atau berfungsinya kata tersebut ketika ada pengguna yang menggunakannya.

Apapun keyword yang akan digunakan untuk website tersebut, Anda harus dengan percaya diri memasukkannya pada meta deskripsi. Ketika search engine berhasil menemukan kata kunci yang Anda masukkan, biasanya akan secara otomatis menebalkan teks yang dicari.

  1. Hindari penggunaan tanda kutip

Anda harus menghindari menggunakan tanda kutip ketika membuat meta deskripsi. Karena mesin pencari akan kesulitan mencari keyword yang Anda siapkan bila ada tanda kutip pada deskripsi artikel.

Bahkan akan jauh lebih baik bila tidak menggunakan karakter selain angka dan huruf. Namun, jika memang harus memakai tanda kutip, pergunakanlah yang (‘) daripada tanda (“). Selalu perhatikan hal ini secara cermat supaya website Anda dapat memperoleh peringkat yang baik.

Demikianlah informasi mengenai meta description, baik artinya hingga cara membuat yang benar supaya bisa menarik minat pengunjung. Dengan Anda dapat membuat deskripsi meta dengan daya tarik tersendiri, tentunya peluang memperoleh pengunjung juga semakin meningkat.

Kemudian, jika meta description sudah beres. Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi. Mengecek apakah bounce rate meningkat atau menurun, karena apabila sampai tinggi itu artinya deskripsi yang sudah dibuat tidaklah menarik.

Atau bisa saja deskripsi tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan isi artikel, sehingga pengunjung website merasa dibohongi dan mereka langsung meninggalkan halaman website tanpa mau membaca lebih lanjut. Apabila hal ini sampai terjadi, kredibilitas dari situs yang Anda kelola akan menjadi buruk.

Seperti Apa Meta Description yang Baik Untuk Website?