•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Era digital dengan Google yang menguasai pasar memunculkan satu profesi unik. Yaitu seorang SEO Specialist. Apa itu SEO Specialist? SEO Specialist atau Search Engine Optimization adalah seorang yang memiliki skill dan berkutat pada pencarian mesin optimasi di Google untuk mendapatkan hasil pemasaran yang lebih baik.

Apa yang dilakukan oleh SEO Specialist ini? Sesuai dengan algoritma Google, di mana Google menerima jutaan artikel dan kata kuncinya tiap detiknya, yang akan menentukan posisi halaman pertama atau yang disebut page one. Apa pengaruhnya jika artikel atau kata kunci berada di halaman pertama? Tentunya menjadi referensi utama untuk setiap pencarian.

skill yang harus dimiliki seo specialist

User Google hanya akan membuka 2 halaman pertama untuk kata kunci yang dicarinya. Sedangkan bagian atas halaman pertama sudah diisi oleh iklan berbayar. Sehingga berada di halaman pertama tanpa membayar ke Google adalah kemampuan yang dibutuhkan dari seorang SEO Specialist.

Pada umumnya profesi ini bertugas mengatur strategi untuk konten yang akan dipost. Konten tersebut agar bisa diindex oleh Google harus memasukkan beberapa kata kunci dan kata kunci inilah yang akan dicari oleh user. Sehingga pemilihan kata kunci yang tepat akan membuat kemungkinan konten di halaman pertama berpeluang besar. Dengan berada di halaman pertama, traffic website perusahaan akan meningkat dan ranking pencarian user terhadap perusahaan yang menggunakan berbagai macam mesin pencarian juga ikut meningkat.

Lalu, apa yang harus dimiliki seorang SEO Specialist sehingga mampu melakukan tugasnya menempatkan website perusahaan di halaman pertama Google tanpa berbayar? Inilah daftar kompetensi yang harus dimiliki seorang SEO Specialist:

  1. Memiliki Kemampuan Analisa

Seorang SEO Specialist bekerja berdasarkan data, sehingga harus memiliki kemampuan untuk menganalisa data yang diperolehnya untuk penyusunan strategi ke depannya. Beberapa data yang biasa digunakan adalah :

  • Riset Kata Kunci
  • Google Analytic
  • Data Audit SEO
  1. Memiliki Kemampuan Mengolah dan Visualisasi Data dengan Baik

Informasi yang diperoleh di poin no 1 kemudian diolah dan dibuat semacam visualisasi.

seo specialist harus mampu menganalisa

Di mana akan bisa dibuat kesimpulan untuk menentukan strategi konten berikutnya lengkap dengan informasi target dan pencapaian yang ada.

  1. Memiliki Technical Skill

Seorang SEO Specialist harus memiliki technical skill standar seperti keahlian mendesain web. Tidak perlu sampai mahir, namun kemampuan dasar web ini sangat penting untuk mengetahui kata kunci yang akan ditanam sekaligus untuk memantau pergerakan traffic web. Bekerja sama dengan web developer, seorang SEO Specialist akan merumuskan strategi yang tepat untuk mendorong naiknya traffic web.

  1. Memiliki Kemampuan Membuat Konten

Konten adalah jiwa dari web. Jika web tidak berisi informasi yang sesuai, maka tidak banyak traffic yang bisa ditarik. Karena user kata kunci akan melihat sekilas isi artikel di web, dan jika kurang dari 10 detik, maka ini akan dianggap sebagai kegagalan dan membuat bounce rate web tersebut tinggi. Bounce rate tinggi akan mendapat sanksi dari Google berupa peringkat web akan turun.

Beberapa jenis konten yang bisa diisi ke dalam web di antaranya adalah konten yang menghibur, mengedukasi, mengajak/menarik dan konten untuk mengonversi. Seorang SEO Specialist diharapkan bisa memilah konten yang baik untuk diupload ke web untuk menaikkan traffic. Jika tidak ditulis sendiri, dia dapat menjadi editor bagi konten yang ditulis oleh content writer untuk menghindari plagiasi atau konten tak bermanfaat yang justru dapat menaikkan bounce rate.

Baca Juga : Google dan Update Algoritma

  1. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Komunikasi menjadi kemampuan dasar bagi setiap orang untuk bekerja sama. Sebagai seorang SEO Specialist yang akan bekerja sama dengan content writer, web developer hingga customer service yang mengelola konversi, ia harus mampu mengomunikasikan strategi yang ingin diterapkan dan menjalin kesolidan tim untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

seo specialist harus mampu berkomunikasi

SEO bukanlah pekerjaan satu orang di dalam satu perusahaan. Karena ada target waktu dan hasil sehingga pekerjaan yang bersifat administrative bisa didelegasikan kepada yang lain agar SEO Specialist bisa lebih fokus dengan pengembangan strategi konten dan riset kata kunci.

  1. Mengupdate Setiap Perkembangan Teknologi

Dengan makin banyaknya user Google tentu dibarengi dengan makin menjamurnya hacker yang berhasil membobol sistem SEO yang diterapkan. Mengantisipasi ini Google selalu melakukan update pada algoritmanya untuk membuat semua orang mempunyai kesempatan untuk dapat muncul di halaman pertama secara fair. SEO Specialist wajib mengupdate dirinya dengan perubahan-perubahan ini dan mengaplikasikannya ke kebijakan strategi yang akan digunakannya.

  1. Aktif di Media Sosial

Sebagai mesin pencari, Google juga dapat menghubungkan website dengan media sosial. Sehingga seorang SEO Specialist juga merupakan orang yang aktif menggunakan media sosial baik untuk membuat riset maupun untuk menguji teknik dan strategi yang diterapkan.

SEO Specialist adalah profesi unik yang muncul sejalan dengan perkembangan Google sebagai mesin pencari. Kualitas SEO Specialist lebih terukur dan teruji sehingga profesi ini selalu dicari dan dibutuhkan bagi perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya dengan menggunakan media internet.

 

Skill Wajib Yang Harus Dimiliki Seorang SEO Specialist

  •  
  •  
  •  
  •