•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Kemudahan bertransaksi pada dunia perbankan menjadi poin penting untuk terus dikembangkan dan melahirkan inovasi baru. Pesatnya kemajuan zaman, Bank bukan hanya mengakomodir kebutuhan konvensional saja, perbankan harus merambah dunia digital seperti Tunaiku yang merupakan produk pinjaman online berbasis aplikasi. Terutama optimalisasi website dengan memanfaatkan crawl budget di situs perbankan.

Proses ini membutuhkan strategi agar situs perbankan akan lebih mudah dijangkau dan disukai oleh pihak google. Dalam teknisnya akan terlihat sederhana dan mudah untuk dilakukan dengan mengaplikasikan crawl atau bot langsung menuju halaman penting pada website perbankan tersebut. Lantas seperti apa kinerja, simak ulasannya

Memahami Apa Itu Crawl Budget Situs Perbankan Terlebih Dahulu

Pada dasarnya google memiliki googlebot yang berfungsi untuk menelusuri website Anda dengan mengakses halaman secara terbatas. Crawl budget berguna untuk menentukan banyaknya halaman, tujuannya, dan crawl yang ada pada website Anda. Dengan kata lain crawl budget berfungsi untuk meningkatkan perhatian mesin pencarian pada situs perbankan Anda.

crawl budget di situs perbankan

Kegiatan Penelusuran oleh pihak google selalu bervariasi dan tidak menentu. Prosesnya tidak terbatas hanya satu waktu, tetapi bisa saja dilakukan pada kurun waktu yang bisa terjadi dilakukan setiap minggu. Jumlahnya pun tidak terbatas hanya 5 halaman bisa ribuan tergantung dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dalam hal ini Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) situs Anda terutama pada website perbankan.

Baca Juga : Referensi Channel Youtube Untuk Belajar SEO

Lantas, Mengapa Hal Ini Menjadi Penting?

Beberapa manfaat yang menguntungkan dalam mengontrol akses untuk crawl budget

  • Diberikan Prioritas pada Halaman Penting

Hal terutama yang Anda dapatkan ketika mengontrol akses tersebut adalah Anda dapat menentukan langkah googlebot dalam menelusuri halaman. Pada poin ini Anda dapat memonitor dan menentukan halaman utama yang dijadikan sebagai halaman andalan dan penting, sehingga setiap kali googlebot melakukan penelusuran akan selalu diarahkan pada halaman tersebut.

Pada hal ini website perbankan yang ada dapat dengan maksimal dan selalu mempunyai posisi utama, sehingga crawl budget pada situs perbankan menjadi penting untuk selalu diperhatikan agar ratingnya selalu berada diatas dan nasabah yang ingin mengetahui berbagai informasi dapat dengan mudah dan cepat dalam menemukannya.

  • Halaman yang Tidak Terlalu Penting Dapat Diabaikan

Pada dasarnya website memiliki berbagai halaman, tetapi bukan berarti setiap halaman  yang diinginkan mempunyai berbagai informasi secara lengkap. Dengan melakukan kontrol akses tersebut, Anda dapat mengatur ke posisi halaman penting saja dan tidak perlu googlebot menelusuri halaman tidak penting tersebut.

Lalu, Bagaimana Googlebot Dapat Mengakses Halaman yang Tepat Tersebut?

Ada beberapa cara untuk membantu Googlebot dalam mengakses website atau situs Anda dengan beberapa penyesuaian dan pengaplikasiannya sebagai berikut

  1. Noindex Tags

Berfungsi untuk membatasi atau mencegah URL tertentu masuk atau terindeks oleh Google. Anda dapat menggunakan tambahan Noindex tag pada halaman website Anda. Setelah Anda menambahkannya, lakukan pengujian dengan melakukan Fetch as Google, sehingga hal ini akan menjadi permintaan URL pada search console pada Google.

  1. Robots.txt

Penting untuk menggunakan hal-hal yang tidak diperbolehkan pada file robots.txt atau lebih sederhananya untuk hal yang yang tidak penting ditelusuri.  Pada poin ini crawler tersebut akan menelusuri robots.txt terlebih dahulu atau hal pertama yang akan dilihat.

robot txt

Dengan beberapa kebutuhan tersebut, Anda dapat mengontrolnya dan menentukan URL mana saja yang diperbolehkan untuk ditelusuri. Apabila Anda sudah menggunakanya, penting untuk mengujinya dengan langsung mengecek pada Google search console. Dengan begitu Anda dapat memastikannya bahwa sistem yang dibuat dapat berjalan dengan semestinya.

  1. Selalu Lakukan Pembaharuan pada XML Sitemaps

Pada dasarnya crawl tidak memperhatikan dan menelusurinya, tetapi penting untuk Anda lakukan sebab hal ini menjadi petunjuk mengenai halaman yang akan terindeks. Harus Anda lakukan untuk selalu melakukan pembaharuan atau up to date pada XML Sitemaps.

  1. Gunakan URL Parameter Rules 

Bagi situs perbankan yang menerapkan sistem e-commerce atau content management system, Anda harus ekstra lebih dan berhati-hati, karena URL dinamis akan menumpuk dan menyebabkan Googlebot menelusuri halaman yang sama dan itu membuang waktu.

Dengan itu Anda dapat menggunakan URL Parameter pada Google search console untuk membedakan antara halaman dinamis dan yang bukan, cermati sebelum menggunakannya. Apabila Anda mengalami kesalahan pada proses konfigurasi, maka akan menyebabkan tidak terindeks pada Google.

  1. Lakukan Perbaikan Internal Link

Googlebot selalu menelusuri link atau jaringan yang selalu ada dan ditemukan dalam konten website Anda, sehingga Anda harus memperhatikan crawl untuk tidak menjelajahi pada halaman yang hilang.

 

lakukan perbaikan internal link

Anda dapat menggunakan Screaming Frog SEO agar lebih muda mencari link yang rusak dan dapat dengan mudah untuk memperbaikinya.

  1. Maksimalkan Load Times

Googlebot selalu memuat halaman yang ditelusuri, sehingga load time berfungsi membuat Googlebot menelusuri halaman yang sama pada setiap halamanya.

  1. Buat Site Structure Yang Lebih Simpel

Lakukan struktur pada situs Anda yang lebih mudah, terkonsep, dan terbagi. Dengan begitu Googlebot dapat dengan mudah untuk menemukannya, karena jelasnya pengkategorian dan tidak menyembunyikan halaman terlalu dalam pada struktur situsnya.

Begitulah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika pentingnya untuk mengontrol crawl budget pada situs perbankan Anda, sehingga tidak membuang budget berlebih dan tepat sasaran.

 

Tips Kelola Crawl Budget Situs Perbankan

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: