•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Pencarian kata kunci di mesin pencari merupakan kunci dari memenangkan persaingan berada di halaman pertama. Mencari cara dan keyword tepat untuk konten menjadi strategi para pegiat SEO dalam meningkatkan kualitas kontennya. Berikut beberapa strategi untuk memenangkan kata kunci:

  1. Cek Kompetitormu di Search Engine

Search engine menjadi acuan kita untuk menentukan keyword yang dipilih. Jika sudah ada maka tinggal dicari kompetitor dari keyword ini. selain memiliki strategi sendiri, monitoring atas kompetitor penting untuk menambah referensi sekaligus sebagai evaluasi atas strategi yang dijalankan.

  1. Pilih Judul dan Informasi yang Relevan Untuk Artikel

Judul dan informasi yang relevan untuk artikel ibarat nyawa artikel tersebut. User akan tertarik membuka page kita karena membaca judul artikel yang ditawarkan.

membuat artikel yang berkualitas

Kemudian menelusuri artikel karena merasa mendapatkan informasi yang berharga. Dan Google akan mengindex artikel ini sebagai informasi yang relevansinya bagus.

  1. Riset Kata Kunci Untuk Mendapatkan Longtail Keyword

Untuk membuat konten berkualitas juga dibutuhkan longtail keyword. Riset longtail ini dengan menggunakan aplikasi gratis atau berbayar sekalian. Longtail ini akan membuat artikel kita terkesan lebih natural karena keyword yang ditempatkan bukan keyword yang dipaksakan. Longtail keyword jika dioptimalkan menghasilkan rasio konversi yang lebih besar.

  1. Penempatan Kata Kunci yang Tepat Dalam Artikel

Letakkan keyword yang sudah diriset dalam artikel secara natural. Penempatannya harus merata dan di awal-awal paragraf. Gunanya untuk menghadirkan konten yang relevan dan natural sehingga Google mengindeksnya dan menyatakan relevansi antara keyword dan kontennya.

Baca Juga : Skill Wajib yang Harus Dimiliki Seorang SEO Specialist

  1. Membuat Artikel yang Berkualitas dari Pemenang SERP

Pilih artikel pemenang SERP dan buat artikel yang serupa dengan menggunakan keyword yang sudah kita riset.

Adopsi teknik penempatan keyword dan link-link yang ditanam oleh artikel ini sebagai modelling untuk bisa membuat konten kita berada di halaman pertama Google.

Lalu, bagaimana dengan keyword investasi online? Lakukan juga hal-hal seperti di atas:

  1. Gunakan Google Trend Untuk Melihat Trend Keyword Ini

Dalam Google Trend, terlihat keyword investasi online banyak dicari dalam 1 tahun terakhir. Wilayah Banten dan Jakarta banyak mencari kata kunci ini dengan topik spesifik investasi saham, disusul dengan investasi emas. Kemudian investasi emas online dan terakhir topik tentang investasi online terpercaya. Jika dipersempit waktu pencarian dalam masa 30 hari, didapatkan data warga Jakarta sangat interest dengan informasi investasi online.

  1. Siapkan Konten Dengan Informasi dan Data yang Berkualitas

Setelah menemukan data wilayah dan waktu di mana keyword investasi online banyak dicari, selanjutnya kamu bisa mulai membuat konten sesuai data ini.

pilih judul dan informasi untuk konten yang relevan

Lengkapi datamu dengan informasi statistik keuangan yang bisa kamu dapatkan dari media online untuk menguatkan konten dengan data yang valid.

  1. Gunakan Keywordtool.io Untuk Mendapatkan Longtail Keyword 

Tools ini bermanfaat untuk mendapatkan keyword-keyword seputar investasi online yang panjang atau disebut longtail keyword. Kumpulkan longtail keyword yang relevan dengan kontenmu.

  1. Setelah Mendapatkan Keyword-Keyword Tersebut, Masukkan Dalam Artikel Secara Tepat dan Natural

Masukkan keyword dalam artikel secara baik dan merata. Jangan terkesan dipaksakan sehingga tidak natural. User akan bosan dan menganggap konten ini tidak layak untuk jadi rujukan.

  1. Langkah yang Tidak Kalah Pentingnya adalah Membuat Artikel Berdasarkan Pemenang SERP.

Sebagai pemenang SERP, artikel ini sudah dipastikan memiliki kualitas baik dari keyword, link yang bisa ditiru tekniknya. Dengan demikian artikel kita akan memiliki komposisi kurang lebih sama dengan artikel pemenang SERP.

Gunakan juga hasil analisa dari tools di bawah ini untuk mendapatkan variasi keyword lainnya untuk memperkaya konten dengan keyword yang relevan:

  1. Uber Suggest

Tools ciptaan Neil Patel ini terbukti sudah membantu banyak orang untuk menganalisa keyword dan kompetisinya berdasarkan negara untuk kontenmu.

  1. Google Keyword Planner

Jika kamu ingin menggunakan Google Ads, tools ini sangat membantu untuk menganalisa keyword untuk keperluan membuat iklan yang efektif.

Dua contoh tools di atas adalah untuk riset keyword gratis. Kamu bisa menggunakan tools riset keyword berbayar untuk mendapatkan keyword yang lebih kaya dan lebih spesfik. Di bawah beberapa tools berbayar:

  1. SEMrush

Tools ini sudah banyak digunakan oleh pegiat SEO untuk mendapatkan keyword research dari basic keyword yang kamu punya.

riset keyword dengan semrush

Tools ini tidak hanya bisa digunakan untuk riset keyword tapi all in one marketing dengan biaya bulanan sebesar $99/bulan.

  1. Longtailpro

Merupakan alternatif dari kwfinder. Kamu akan mendapatkan keyword suggestion, SEO keyword difficulties, search volume hingga detail top 10 result tiap keyword yang kamu masukkan. Kamu bisa menggunakan fasilitas trial 7 hari untuk memastikan apakah tools ini cocok untuk kebutuhanmu memenangkan kata kunci yang sulit.

Kata kunci yang sulit merupakan tantangan bagi seorang pegiat SEO untuk bisa ditaklukkan. Keyword investasi online masih terlalu umum sehingga dibutuhkan longtail keyword agar konten lebih spesifik untuk membuat Google mengindexnya sebagai sebuah konten yang relevan. Gunakan tools yang tepat agar keyword sulit dapat kamu maksimalkan dalam konten.

 

Tips Memenangkan Kata Kunci Sulit – Investasi Online

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: