•  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kita memang tidak bisa main-main jika berhubungan dengan penulisan artikel yang tujuannya untuk konten blog. Jika ingin blog kita berkembang, artikel yang dipost harusnya berkualitas dan sesuai dengan SEO. Nah, di sinilah masalahnya. SEO itu merupakan hal yang amat sangat dinamis. Sering kali algoritmanya diubah agar lebih baik lagi yang menyebabkan trik-trik SEO yang dulu mungkin sudah tidak efektif lagi. Nah, apakah ada tips untuk menulis artikel yang cocok untuk SEO saat ini? Tentu saja ada, dan di bawah ini Anda bisa mempelajarinya.

Keyword

Ada yang bilang keyword sudah tidak penting lagi untuk SEO sekarang ini. Tapi kalau menurut saya, keyword masih penting. Search engine masih menggunakan keyword sebagai bagian untuk melakukan index konten. Inilah kenapa riset keyword masih diperlukan. Tapi yang berbeda di sini adalah penggunakan keyword di dalam artikel. Anda harus paham bahwa SEO saat ini sangat menekankan pada “visitor’s experience” atau pengalaman pengunjung. Artinya, Anda disarankan untuk menulis yang ditujukan bagi pengunjung blog Anda bukannya menulis untuk search engine.

pencarian keyword

Inilah kenapa trik penempatan keyword yang lama seperti menempatkan keyword di awal, tengah, dan akhir artikel mungkin sudah bukan lagi sebuah keharusan sekarang ini. Yang jelas, keyword sebaiknya ada di dalam artikel namun penempatannya harus senatural mungkin. Tujuannya adalah untuk memastikan agar keyword tidak terkesan dipaksakan masuk ke dalam artikel yang berakibat membuat artikel menjadi tidak nyaman dibaca.

Untuk jumlah pemunculan keyword juga dibuat senatural mungkin. Spamming terlalu banyak keyword tentu saja akan membuat artikel menjadi tidak nyaman dibaca. Sekali lagi, ketika Anda menulis artikel untuk blog Anda, usahakan untuk memiliki pola pikir bahwa Anda menulisnya untuk para pengunjung. Jadi, sebelum memposting artikelnya, usahakan untuk membaca lagi artikel Anda tersebut dan cobalah untuk membayangkan diri Anda sebagai pengunjung blog. Apakah Anda sudah puas dengan konten artikelnya?

Panjang Artikel

Untuk panjang artikelnya juga sebenarnya tidak ada batasan yang pasti. Intinya sekali lagi, Anda menulis untuk pengunjung. Dan usahakan agar artikel tidak bertele-tele dan berputar-putar. Cobalah untuk langsung menuju ke inti pembahasan artikel.

konten yang baik

Tapi jika memang hal yang ingin dibahas sangat banyak, membuat artikel yang panjang juga tidak masalah. Hanya saja, dikhawatirkan nantinya akan terlalu panjang yang membuat pengunjung langsung pergi ketika melihat panjang artikelnya. Kondisi ini akan meningkatkan bounce rate blog Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk membagi artikel tersebut menjadi beberapa part agar lebih nyaman dibaca.

Tips Menulis Artikel Berkualitas yang SEO Friendly di Tahun 2018

  •  
  •  
  •  
  •  
  •