•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Kemajuan teknologi sekarang membuat semua pekerjaan dapat dengan mudah untuk dilakukan dan diselesaikan. Termasuk dalam hal tersebut adalah dalam kebutuhan SEO yang dapat dibantu dengan berbagai tools yang sangat membantu. Baik dari memperbaiki dan menemukan masalah yang ada dalam SEO, tetapi beberapa tools yang ada harus berbayar. 

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada tools search console yang dapat membantu dan digunakan secara gratis.  Tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang membangun dan meningkatkan website. Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasannya  dibawah ini. 

Fungsi Google Search Console 

Ada beberapa fungsi dari google search console, simak penjelasan secara lengkapnya berikut ini, yaitu :

1. Index Status 

Ketika Anda baru membuat website yang baru google search console mampu memberikan hasil dari index status yang ada, salah satunya melihat halaman yang terdaftar. Menggunakan Index status tersebut Anda dapat melihat beberapa halaman yang hilang atau di block oleh robot.txt. Sehingga membuat Anda dapat melakukan berbagai evaluasi untuk kemajuan web yang ada. 

Dengan begitu Anda dapat mengecek berkala, apabila ada banyak halaman yang di block kemungkinan besar ada beberapa bagian yang Anda kelupaan. Baik itu dari no follow dan no index yang pas waktu ada pengembangan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan dan memastikan google selalu dapat mengakses dan mengindex halamannya. 

2. Crawl Stats

Semakin bagus konten atau artikel yang Anda miliki, maka semakin tinggi crawl rate yang dimiliki oleh website yang Anda miliki. Tentunya kegiatan tersebut harus diperhatikan agar situs yang Anda kelola dapat selalu mudah untuk dicari dan ada pada halaman utama. Caranya Anda dengan mengecek crawl stats untuk mengetahui google dalam crawlnya. 

fungsi google search console

Dalam kegiatan ini sangat penting untuk selalu memberikan konten atau artikel yang berkualitas agar google dapat meng crawls secara lebih menyeluruh. Apabila Ada beberapa konten belum di crawl Anda harus melihat rate dan strukturnya. 

3. HTML Improvements

Selanjutnya adalah dapat untuk memperbaiki bagian dasar dari situs yang Anda kelola dan miliki, baik dari meta descriptions, konten tidak terindex, dan duplicate title. Jika semuanya telah terindex atau sedang berada dalam proses perbaikan, maka Anda dapat melihat beberapa elemen yang ada dan harus diperbaiki. 

Baca Juga : 5 Langkah Optimasi SEO On Page Agar Berada di Halaman Utama SERP

4. Structured Data 

Apabila Anda sedang mengelolah situs yang berkaitan dengan waktu dan tanggal, maka Anda harus mengatur dan menentukan item structured yang dibutuhkan. Fungsi dari structured data ini adalah agar Google lebih memahami dan mengetahui konten yang ada dalam website yang dikelola, sehingga lebih dapat mempertahankan eksistensinya. 

Selanjutnya Anda dapat mengatur mengenai structured data menggunakan Google Structured Data Markup Helper, langkah berikutnya tinggal menentukannya saja. Apabila sudah melakukannya, Anda harus mengecek secara berkala untuk melihat dan memastikan bahwa pengaturan telah sesuai dengan informasi yang dimiliki. 

5. Links to Your Site 

Fungsi selanjutnya adalah dapat melihat beberapa link yang dapat merugikan situs yang Anda miliki, sehingga dengan adanya ini ada dapat menghapusnya secara langsung. Apabila Anda menemukan kejanggalan tersebut, pastikan Anda rutin dan mengeceknya setiap bulan untuk memperhatikan perkembangannya. 

Prosesnya adalah dengan melihat anchor text dan dapat melihat beberapa link yang dapat merugikan untuk kebutuhan situs yang Anda miliki. Biasanya ada beberapa hal yang mempengaruhinya dari link tidak dipilih oleh pihak Google dan malah link muncul pada pihak ketiga yang terkadang dapat merugikan. 

6. Internal Links

Dalam membahas sebuah SEO terkadang Anda akan menemukan dan mendapatkan link yang selalu berada di halaman utama atau menjadi halaman penting. Tentunya Anda harus melakukan internal links yang dapat terhubung ke berbagai halaman lainnya. Terkadang kegiatan ini terlupakan pada metode SEO, padahal mempunyai kegunaan yang penting. 

Apabila Anda melakukan internal link, maka Anda akan langsung dapat terhubung dengan halaman servis yang dapat membantu pengunjung untuk masuk ke funnel dan dapat menyediakan beberapa informasi yang dibutuhkan. Dengan begitu membuat pengunjung dapat lebih lama dan mendorong untuk melakukan gerakan selanjutnya. 

7. Sitemap Submission

Tujuan dari sitemap adalah untuk memudahkan situs Anda agar lebih cepat untuk terindeks oleh pihak Google. Karena dengan kegiatan tersebut dapat membantu pihak Google untuk dapat lebih mudah dalam melakukan crawling. Anda tinggal menentukan prioritasnya dan dapat mengarahkan Googlebot mengenai halaman yang harus di crawl terlebih dahulu.

Tetapi tindakan tersebut terkadang dianggap sebagai saran atau masukkan dan bukan perintah atau arahan, sehingga tidak langsung mengikuti dari prioritas yang dibuat. Langkahnya adalah melakukan pengetesan terlebih dahulu, lalu baru menentukan sitemap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Nah itulah beberapa fungsi dari tools Google Search Console yang sangat membantu untuk perkembangan dan kemajuan website atau situs yang Anda miliki. 

7 Fungsi dari Tools Google Search Console dalam Optimasi SEO

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: