•  
  •  
  •  
  •  

Optimasi SEO hingga saat ini masih jadi metode yang ampuh dalam meningkatkan kunjungan website. Sudah tak terhitung berapa bisnis yang tertolong dengan optimasi ini, khususnya toko online, mereka dapat menjaring pelanggan baru setiap harinya. Efek dari SEO tentu bukan sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tapi juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan lama demi kelangsungan bisnis yang lebih maju.

Seiring dengan kemajuan teknologi mesin penelusuran, kini muncul fitur baru yang dinamakan dengan voice search optimization. Apa itu? Apakah Anda perlu mengoptimasi SEO melalui voice search? Silahkan simak pembasah berikut hingga selesai.

Mengenal Fitur Voice Search

Pengguna smartphone tentu tidak lagi asing dengan fitur voice search atau penelusuran suara. Fungsinya yakni untuk mencari konten di search engine tanpa mengharuskan pengguna mengetikkan keyword. Google sendiri sudah punya fitur ini, yang mereka namai dengan Google Assistant. Sementara untuk Apple, mereka telah mengembangkan teknologi pencarian suara bernama Siri yang mungkin sudah Anda kenal.

Fitur tersebut tentu semakin diminati pengguna smartphone karena memudahkan. Pengguna dapat menemukan informasi apa saja yang dibutuhkan seperti saat pakai mesin penelusuran biasa.  Voice Search akan langsung menampilkan konten-konten relevan dengan kata kunci yang diinputkan pengguna melalui suara. Bahkan pihak pengembangnya sendiri mengklaim bahwa voice search bisa tiga kali lebih cepat dalam melakukan pencarian daripada mengetik seperti biasa. Klaim ini juga sudah didukung oleh penelitian dari Universitas Stanford, lho.

Voice Search dan Fitur-Fitur Pencariannya

Cukup banyak fitur yang bisa Anda temukan dalam voice search. Jadi, bukan hanya sekedar membantu menemukan informasi di search engine. Pengguna dapat menggunakan beberapa fitur lainnya seperti berikut ini”

  • Melakukan telepon melalui suara.
  • Membuka sebuah program dan meminta bantuan menjalankan opsi-opsi yang disediakan.
  • Meminta bantuan untuk mencari informasi yang lebih mendetail, jelas, dan spesifik.
  • Mampu membenarkan sebuah permintaan secara spesifik.
  • Dapat digunakan untuk mencari informasi dalam bentuk file video atau audio.
  • Membuat permohonan atau pernyataan pada search engine.

Berbagai perusahaan mesin penelusuran seperti Google terus mengembangkan teknologi ini untuk memudahkan pengguna. Jadi jangan kaget apabila di masa mendatang Anda melihat semakin banyak fitur yang ditambahkan. Bahkan voice search sudah diterapkan untuk optimasi SEO website. Selain Google, beberapa perusahaan sekelas Alexa, Amazon, dan Apple juga mulai mengembangkan voice search yang bisa memberikan pengalaman lebih baik pada pengguna.

Voice Search Optimization Bisa Dioptimalkan Dengan Cara Berikut

Menilai dari kemampuan tools yang sangat canggih dan powerfull untuk SEO, akan sangat disayangkan bila para pemilih website tidak memanfaatkannya untuk meningkatkan traffic. Silahkan lakukan optimasi voice search Anda dengan cara berikut ini.

  1. Optimasi Google My Business

Berdasarkan data yang disampaikan Ahrefs, search engine Google akan berhubungan dengan Google my business. Sebab, pertanyaan yang dicari jawabannya melalui mesin penelusuran tersebut akan mengarah pada profil serta data dari Google my business. Makanya website Anda harus memaksimalkan dan mengoptimasi local SEO. Sebab sebagian besar user mencari bisnis yang jaraknya dekat dengan lokasi mereka. Sebagai contoh, pada saat pengguna ingin datang ke sebuah tempat makan di kota wisata, biasanya mereka akan mencari restoran terdekat dengan lokasi terkini. Jadi, silahkan memaksimalkan penggunaan local SEO, dengan begitu bisnis Anda akan lebih mudah diketahui atau diakses oleh pengguna. Optimasi ini sangat penting karena mempengaruhi penghasilan bisnis.

  1. Buat Website Mobile yang User Friendly

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa fitur ini umum digunakan pada smartphone, artinya Anda harus membuat website yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pastikan website mobile Anda mudah digunakan dan responsif di perangkat manapun. Jika tidak, kemungkinan besar malah akan kehilangan pengunjung. Pastikan website tidak memiliki waktu loading yang lama, hal ini sangat mempengaruhi peringkat website Anda di mesin penelusuran.

  1. Membuat Konten Relevan dengan Pertanyaan Pengguna

Anda dapat membuat daftar pertanyaan yang sekiranya akan sering digunakan pengguna saat mencari informasi di mesin pencarian. Dengan melakukan hal ini, akan lebih mudah bagi Anda membuat konten yang berhubungan dengan pertanyaan audiens. Pastikan juga konten yang dibuat berkualitas dan menarik. Anda tidak boleh memberikan jawaban yang asal. Supaya lebih efektif, pilih lah keyword yang tepat. Konten juga harus bermanfaat bagi pembaca, maka akan lebih cepat bagi search engine merekomendasikannya.

  1. Masuk dalam Featured Snippet

Website yang sudah memperoleh featured snippet dari google bukanlah website yang bisa dianggap remeh. Karena mereka punya konten informatif, berkualitas dan menarik. Nah, website semacam ini tentu akan lebih mudah muncul di pencarian suara. Snippet biasanya berada di paling atas search engine yang menampilkan jawaban atas pertanyaan pengguna. Untuk bisa muncul di featured snippet memang sulit, namun Anda bisa tetap mengupayakan.

Apa itu voice search optimization mulai dari pengertian, fitur hingga cara optimasinya sudah lengkap dalam penjelasan di atas. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Apa Itu Voice Search Optimization?

  •  
  •  
  •  
  •