Sejak Google menjadi mesin pencari yang memimpin pasar, pastinya judul di atas selalu menjadi pertanyaan yang diperdebatkan secara sengit dan sudah lama ada dengan banyak nya pengguna memberikan bukti kebenarannya.

Namun, siapakah yang benar? Google Ads yang bisa mempengaruhi ranking SEO? Atau hanya mitos SEO yang tidak ada matinya? 

Tidak perlu berlama-lama lagi, untuk lebih jelasnya, maka Anda harus menyimak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Alasan Iklan Google Tidak Membantu Peringkat SEO

Saat Anda memikirkan tentang pasar digital yang sekarang menjadi sebuah industri, ini masih pada masa perkembangan. Ketahuilah jika 10 tahun belakang berkat majunya sosial media dan teknologi, pemasaran digital bisa sangat berkembang pesat. Dapat diartikan jika dengan bidang apa saja yang berkembang, selalu ada pemula yang kurang berpengalaman masuk dalam bidang ini. 

Lalu, dengan seluruh pengalaman dan ketidaktahuan pemahamannya tersebut, sebagian konsep dan data bisa sangat mudah untuk disalah pahami. Berikut beberapa alasan Google tidak membantu peringkat SEO. 

  • Sebab Google mengatakan seperti itu 

Alasan pertama mengapa Google Ads tidak membantu meningkatkan peringkat SEO yaitu sebab Google mengatakan seperti itu. Menurut artikel resminya mengatakan jika “Menggunakan kampanye Google Ads tidak dapat membantu Anda untuk meningkatkan peringkat SEO, walaupun terdapat sejumlah klaim dan mitos”. 

Selain itu, anggota tim pencari yaitu Danny Sullivan juga mengkonfirmasi pada tweetnya jika pencarian pada Google ini terpisah dengan Google Ads. Yang berarti, metrik dan seluruh data dari Google Ads tersebut tidak akan memiliki dampak apa pun untuk hasil organik. 

Walaupun Anda tidak bisa meyakini yang dikatakan oleh Google, terdapat berbagai alasan lain yang bisa membuat Anda percaya jika Google Ads tidak dapat membantu peringkat SEO. 

  • Persaingan antitrust 

Alasan berikutnya dapat Anda bayangkan bila sebuah bisnis atau domain menjalankan Google Ads ini, bisa mempengaruhi peringkat bisnisnya. Bukan cuma menjadikan Google sangat tidak berguna, namun bayangkan pasti banyak masalah hukum yang harus dihadapi oleh mereka. 

Bukan hanya bisa melanggar UU anti monopoli Amerika Serikat, namun bisa juga melanggar UU persaingan UE, sehingga menyebabkan tindakan hukum dari sebagian negara besar di dunia. Apakah Google ingin mempertaruhkan semua model bisnisnya dengan melakukan hal yang sangat konyol? 

Bagaimana bila sebaliknya mereka yang menancapkan iklan hanya untuk sebuah kata kunci tertentu dan dibayar oleh bisnis tersebut? Tunggu, itulah yang sebenarnya mereka lakukan!

Kesalahan Umum yang Sering Terjadi 

Jadi, bagaimana bisa rumor tersebut dimulai? Mengapa beberapa orang yakin jika menjalankan Google Ads ini bisa berdampak untuk meningkatkan SEO? Dari pandangan kami, mungkin saja hal tersebut disebabkan dari kebetulan dan kesalahpahaman. 

  • Pembaruan pada google 

Alasan pertama yang sangat mungkin mengapa sebagian orang yakin jika Google Ads memiliki dampak untuk meningkatkan peringkat SEO yaitu disebabkan oleh pembaruan secara rutin yang dilakukan oleh Google.

Anda yang bekerja pada pemasaran digital paham jika Google rutin merilis pembaruan pada mesin pencari. 

Menurut Gary Illyes yang merupakan karyawan Google, mereka akan membuat 3 pembaruan rata-rata setiap harinya ke Google. Tidak sama dengan pembaruan inti mereka yang dilakukan beberapa kali setahun, ada sekitar 99% dari pembaruan kecil tersebut tidak diumumkan. 

Sehingga, bila seseorang berhenti menggunakan Google Ads pada bisnisnya dan peringkat menjadi menurun, kemungkinan hal tersebut hanya sebuah kebetulan saja dengan seluruh pembaruan Google yang dilakukan? Yang berarti “Terjadinya peristiwa pada waktu yang bersamaan dan tidak sengaja, namun sepertinya mempunyai beberapa hubungan”. 

Lalu, tanpa memahami apakah pembaruan tersebut sudah dilakukan ketika menghentikan iklan, jadi bagaimana orang dapat percaya jika penghentian iklan tersebut berakibat pada peringkat? Nah, hal tersebut merupakan contoh umum dari korelasi yang tidak menghubungkan sebab dan akibat. 

  • Salah penafsiran analytics 

Alasan selanjutnya mengapa seseorang bisa berpikir jika Google Ads bisa mempengaruhi peringkatnya yaitu sebab mereka salah dalam membaca analytic nya.Bagi yang kurang berpengalaman dalam pemasaran, Google Analytic mungkin sulit untuk memaparkan informasi yang benar.

Hal tersebut sering mengakibatkan salah paham, sehingga terciptalah kesimpulan yang salah. Baik dari masalah teknis atau analytic belum disiapkan secara sempurna, atau pengguna tidak dihubungkan secara benar menurut sumbernya, semuanya bisa mengakibatkan kebingungan. 

  • Penyebab tidak langsung 

Yang terakhir yaitu mengapa Google Ads terlihat berdampak untuk peringkat SEO yaitu adanya faktor peringkat secara tidak langsung. Pengunjung yang langsung pergi ke website sudah dikutip oleh sebagian penelitian menjadi faktor peringkat yang sangat penting di Google. 

Apabila sebuah bisnis menggunakan iklan ini, kemungkinan mereka bisa meningkatkan kesadaran merek yang dimilikinya dari target merek pesaing dan kata kunci tertentu yang penting. Dengan terus menggunakan iklan tersebut, ini bisa dengan signifikan meningkatkan total pengunjung yang langsung mengunjungi website. 

Demikianlah, ulasan tentang Google Ads yang tidak bisa membantu meningkatkan peringkat SEO. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang masih kebingungan atau belum mahir dalam bidang SEO ini. 

Apakah Google Ads Membantu Meningkatkan Ranking SEO?

Tagged on: