Strategi SEO bukan hanya diterapkan pada blog saja, tapi juga untuk keperluan website e-commerce. Situs tersebut menjadi salah satu digital platform populer yang digunakan banyak orang untuk melakukan transaksi jual beli sebuah produk yang sampai saat ini sudah semakin maju dan terus berkembang.

Memasarkan suatu produk lewat website e-commerce tergolong cukup efektif. Para pembeli hanya mengunjungi situs web tertentu untuk membeli berbagai macam produk. Di negara Indonesia sendiri, situs e-commerce sudah banyak dan sangat beragam, hal ini membuat tingkat persaingan semakin ketat. Maka dari itu, bila Anda berniat mengembangkan e-commerce perlu menerapkan strategi SEO yang tepat.

1.   Melakukan Riset Keyword

Ketika ingin mengembangkan situs tertentu, hal pertama yang Anda lakukan pastinya adalah perencanaan. Setelah itu, langkah berikutnya yang paling penting yaitu apa yang sedang ramai dicari orang ketika mengetik kata kunci di mesin pencarian Google.

Seperti apa caranya? Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan memakai Google Adwords, yakni Keyword Tools. Layanan tersebut disediakan oleh pihak Google dengan gratis. Kemudian cobalah googling kata kunci tersebut dan lihatlah artikel apa yang akan keluar.

Biasanya tipe konten tersebut akan serupa dan hal ini dapat menjadi acuan seperti apa konten artikel yang sering dicari oleh para pengguna. Namun pastinya, bukan berarti Anda membuat konten artikel yang sama.

2.   Menggunakan Domain Berisikan Keyword

Ketika memasukkan keyword atau kata kunci ke dalam domain pastinya akan membantu mesin penelusuran untuk mengetahui titik fokus situs yang dikemas. Trik seperti ini pastinya akan begitu membantu serta menjadi rekomendasi untuk Anda coba sendiri.

3.   Perhatikan Plugins SEO

Terdapat beberapa jenis plugins pendukung di dalam situs yang bisa membantu SEO situs Anda. Contoh jenis-jenis plugins WordPress yang dapat membantu SEO pada situs Anda antaralain All In One SEO Pack atau Yoast WP SEO , SEO Friendly Images dan Google XML Sitemaps.

4.   Membuat Konten Berkualitas.

Anda harus menyiapkan konten berkualitas bagi pembaca disitu milik Anda. Buat pembaca Anda menikmati seluruh konten terus menerus. Disarankan untuk Anda tetap update konten ke dalam situs dan pastinya konten original serta menarik perhatian para pembaca. Paling utama adalah konten yang Anda sajikan harus bermanfaat serta ada unsur keyword SEO agar lebih efektif.

5.   Memanfaatkan Sosial Media

Media sosial mempunyai peran penting pada search engine. Merupakan salah satu kunci supaya sukses di SEO tidak sebatas menyajikan konten bagus saja, namun juga berkualitas serta menarik untuk dibagikan ke publik. Intinya Anda perlu memperhatikan sosial media agar bisa meningkatkan situs serta SEO konten Anda.

6.   Bangun Backlink

Perlu Anda ketahui bahwa Algoritma Google selalu mengalami perubahan. Akan tetapi, hal penting lain yang tak akan berubah paa SEO yakni backlink. Maka dari itu, bangun backlink yang terbaik untuk situs Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan terus menerus serta bertahap.

Ketika membangun backlink di sebuah situs pastikan membangun backlink berkualitas. Oleh karena itu, gunakan waktu luang Anda untuk menciptakan backlink terbaik serta harus dilakukan terus menerus dan bertahap. Agar kinerjanya lebih optimal.

7.   Perhatikan Penamaan Gambar

Hal utama lainnya yakni dengan menerapkan optimasi di setiap gambar yang Anda upload sekaligus menyisipkan ALT, Title tags, serta memberi nama file gambar berdasarkan keyword SEO.

8.   Menggunakan LSI Keywords

Saat ini Google bukan hanya melihat keyword, tapi juga memahami topik. Agar dapat memastikan Google memahami topik dari konten Anda, gunakanlah  LSI keyword di dalam konten artikel yang Anda buat sendiri. LSI keyword berupa frasa atau kata yang ada hubungannya dengan target keyword Anda.

9.   Memastikan Situs Dapat Memuat Halaman dengan Cepat

Anda juga harus memperhatikan kecepatan situs. Hal ini dikarenakan bahwa dari suatu riset tertentu telah membuktikan bahwa sekitar 40% pengguna meninggalkan sebuah situs yang dimuat diatas 3 detik.

Agar dapat mengecek kecepatan sebuah situs, Anda dapat memakai Google Pagespeed Insight agar dapat membantu Anda mengetahui kecepatan halaman ketika dimuat dan memperoleh saran yang dapat dijadikan acuan agar dapat meningkatkan kecepatan dari situs.

10.   Harus Mencantumkan Link

Anda harus memasukan external link dan internal link. Internal link merupakan sebuah halaman ke halaman lainnya pada situs yang sama. Sementara external link merupakan tautan yang Anda cantumkan dan mengarah ke situs lain.

Baik external link atau internal link akan sangat berperan bagi situs Anda. Internal link dapat membantu menaikkan engagement pengguna, memudahkan Google mamba halam situs, dan menurunkan bounce rate. Sementara external link bisa membantu Anda menguatkan isi artikel dengan memasukan sumber penulisan konten artikel.

Bagaimana Menerapkan Strategi SEO Untuk E-Commerce