•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Menjadi salah satu tujuan saat membuat konten di blog atau website adalah mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencarian. Tingginya peringkat di mesin pencari Google, maka otomatis traffic website semakin banyak didapatkan. Untuk pemilik website berupa toko online, jika traffic meningkat berarti semakin tinggi pengunjung yang dapat dijadikan sebagai konsumen atau leads. Untuk blogger, mendapat traffic tinggi berarti mereka dapat mendaftarkan dirinya ke Google Ads dan juga menjadi seorang endorser. 

Tentunya tujuan tersebut tidak bisa diraih jika hanya membuat banyak konten tanpa adanya optimasi. Karena halaman pada website kamu tidak bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian secara otomatis. Oleh karena itu, kamu memerlukan beberapa strategi SEO untuk dapat membantu menaikkan website mu secara efektif di mesin pencarian Google. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini untuk dapatkan strategi dalam meningkatkan traffic website. 

Strategi SEO untuk Tingkatkan Traffic Website 

  • Instal Plugin Yoast 

Menggunakan Plugin Yoast merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengoptimasi. Optimasi ini memerlukan proses yang panjang. Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan disini untuk meningkatkan kualitas websitemu. Salah satu fitur utamanya yaitu dapat mengubah meta description, title tag, permalink, XML Sitemap, analisis konten mu dan juga verifikasi Google Webmaster Tools. 

Fitur itulah yang bisa membantumu untuk meningkatkan konten yang belum sesuai dengan aturan SEO yang tepat. Selain itu, Plugin Yoast juga memberikan analisis untuk panjang artikel, kalimat dan juga untuk penggunaan sub heading. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengeceknya secara manual, sehingga proses untuk menerapkan strategi SEO pada kontenmu dapat berjalan dengan cepat. 

2. Cantumkan Website di Google Search Console 

Google Search Console merupakan platform gratis untuk semua yang mempunyai website yang digunakan untuk mengetahui bagaimana cara kerja website pada organik Google. Selain itu. disini juga kamu bisa mengetahui domain yang telah memberikan link ke website yang kamu miliki, analisis halaman website disertai traffic tertinggi dan juga kinerja website di handphone. 

Adapun cara untuk menambahkan website ke Google Search Console seperti berikut ini: 

  • Pastikan kamu log in dalam akun Google. 
  • Lalu, buka Webmaster Tools. 
  • Pilih Add Property dan website. 
  • Cari menu drop-down, lalu klik “Website” 
  • Masukkan URL Website mu. 
  • Pilih Continue dan cara verifikasi.  
  • Cantumkan domain terpisah.

3. Buat Sitemap 

Sitemap merupakan daftar yang berisikan seluruh page website yang bisa digunakan untuk mesin pencari dan pengunjung. Hadirnya sitemap ini akan membuat website mu lebih mudah untuk ditemukan pada mesin pencari dan lebih cepat terdeteksi. Selain itu, sitemap juga bisa memberitahu mesin pencari saat ada perubahan struktur dalam websitemu. Sitemap ini juga menjadi salah satu langkah untuk bisa menaikkan traffic website mu. 

strategi seo untuk meningkatkan traffic website

Ada dua tipe sitemaps, yaitu sitemap HTML dan sitemap XML. Untuk sitemap XML merupakan site yang dapat diakses oleh mesin pencarian, namun untuk sitemap HTML sendiri dapat diakses oleh para pengunjung. 

Baca Juga : Pilihan Tools SEO Gratis Untuk Pemula

4. Gunakan Google Analytics

Untuk pengoptimalisasian bisa berjalan dengan mudah, kamu juga perlu menggunakan Google Analytics yang bertujuan untuk mengetahui perilaku dari pengunjung website. Dengan menggunakan Analytics ini kamu dapat mengetahui apa saja yang dilakukan pembaca di halaman pertama yang mereka sambangi hingga pada mereka menutup website mu. 

Tidak hanya itu saja, Google Analytics juga dapat membantumu untuk mengidentifikasi halaman yang kurang maksimal dan yang sering dibuka. 

5. Tingkatkan Kecepatan Website 

Pengunjung tentunya tidak ingin menunggu lama saat menunggu website. Oleh karena itu, kamu harus meningkatkan loading website mu. Meningkatkan loading website juga menjadi salah satu strategi On Page SEO yang harus kamu lakukan jika terjun dalam bidang ini. 

6. Identifikasi Keyword 

Menjadi hal yang fatal jika kamu tidak melakukan riset keyword terlebih dahulu. Karena hal ini bisa membantumu untuk mendapatkan kata kunci yang relevan untuk pembaca. Lima faktor keyword yang wajib kamu ketahui, seperti SERP, search intent, saran kata kunci, volume keyword dan juga tingkat kesulitan keyword. 

7. Long Tail Keyword 

Ada dua tipe keyboard berdasarkan dari jumlah kata, yaitu long tail keyword dan short tail keyword. Untuk long tail keyword merupakan kata kunci yang berupa tiga kata atau lebih dan short tail keyword hanya satu atau dua kata saja, contohnya seperti “membuat kue” atau “membuat minuman”. 

Untuk kamu yang ingin menaikkan traffic, maka sebaiknya kamu gunakan long tail keyword, karena lebih efektif. 

8. Buat Konten Menarik dan Tidak Membosankan 

Para pengguna tentunya menginginkan konten yang menarik dan tidak membosankan. Oleh karena itu, kamu bisa tambahkan foto, video maupun infografik sebagai pelengkap di artikel mu. Hal tersebut juga bisa membantu agar pengunjung tidak mudah bosan dan berlama-lama di website mu. 

 

Demikianlah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimasi konten artikel mu.

Berikut 8 Strategi SEO Ampuh untuk Meningkatkan Traffic Website 

  •  
  •  
  •  
  •