•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Perkembangan layanan pinjaman online saat ini semakin pesat khususnya untuk beberapa tahun belakangan. Pinjaman online atau biasa disebut fintech sudah sangat mudah untuk ditemui seiring banyaknya minat orang-orang yang membutuhkan jasa pinjaman online. Lantas bagaimana cara pengajuan pinjaman online yang tepat dan aman ?

Sebelum mengulas hal tersebut, perkembangan pesat dari fintech disambut baik oleh macam-macam pihak mulai dari pelaku, regulator serta masyarakat Indonesia itu sendiri sebab masih banyak yang memiliki masalah finansial atau sumber dana dalam kebutuhan yang beragam.

Jika kamu membutuhkan sumber dana baru, dan bukan dari bank atau perusahaan pembiayaan pada umumnya, saat ini P2P atau pinjaman online diharapkan dapat menjadi opsi baru bagi masyarakat Indonesia sebagai sumber pendanaan yang dapat membantu pembiayaan mereka.

Akan tetapi, ditengah sukacita akan kehadiran pinjaman online tersebut, muncul beberapa macam keluhan mengenai perilaku dari layanan pinjaman yang disebut malah merugikan nasabah, seperti menetapkan suku bunga yang sangat tinggi, pengambilan data pribadi yang cenderung masif, hingga ketentuan yang ditetapkan tidak transparansi dan metode penagihan tidak manusiawi.

Lebih parahnya lagi, semakin banyak juga bermunculan yang mengaku penyedia layanan pinjaman online namun tidak legal atau tidak terdaftar dalam otoritas jasa keuangan. Lalu bagaimana sih cara memilih dan mengajukan pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang benar dan terpercaya ? Berikut ulasannya.

1. Pilih Layanan Fintech yang Terdaftar di OJK

Lakukan pinjaman pada fintech yang sudah resmi atau sudah terdaftar di OJK sebagai badan hukum yang memantau perusahaan tersebut. Dengan melakukan pengajuan ke pinjaman resmi, para calon peminjam dapat terhindar dari dampak negatif oknum illegal.

Pinjol yang resmi dan terdaftar di OJK tentunya wajib mengikuti aturan yang ada, hal tersebut bertujuan agar dapat melindungi para peminjam dana.

cara agar pengajuan pinjaman mudah di acc

Cara mengeceknya, kamu tinggal masuk ke situs resmi OJK, disana ada daftar dari deretan pinjaman online yang sudah resmi dan diawasi langsung oleh OJK, dan kamu bisa melihat perusahaan pinjol yang akan kamu gunakan, apakah ada dalam daftar tersebut atau tidak?

Dengan begitu upayakan agar tidak mudah tergiur dengan penawaran yang fantastis, mudah dan praktis, sebelum kamu mengetahui perusahaan tersebut sudah resmi dan terdaftar di OJK atau belum serta merupakan lembaga yang legal atau bukan.

2. Memiliki Layanan Konsumen

Ketika melakukan pengajuan pinjaman, usahakan memilih perusahaan yang memiliki layanan untuk konsumen serta mudah dihubungi. Seperti, nomor telepon, email, atau kontak WA bahkan alamat kantornya.

Hal tersebut bertujuan apabila terjadi sebuah masalah, pihak debitur dapat dengan mudah memberi kabar serta mendapatkan respon yang cepat. Adanya layanan konsumen yang lancar serta mudah untuk dihubungi, kondisi ini bisa menjadi ciri apakah pinjol tersebut legal atau malah ilegal. Umumnya fintech illegal tidak mempunyai layanan konsumen. Hal ini jelas, karena mereka perusahaan ilegal, maka identitas asli mereka bagaimanapun caranya tidak diketahui orang.

Baca Juga : Mengenal Pentingnya SEO untuk Proses Bisnis

3. Mengajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan Finansial

Wajib kamu perhatikan, ketika akan melakukan pinjaman online, pinjaman dana sesuai kemampuan finansial kamu, sebab bagaimanapun juga pinjaman yang kamu peroleh harus dikembalikan lagi atau dilunasi beserta bunganya.

Meminjam dana sesuai kemampuan kamu tentunya akan membuat proses pinjaman hingga angsuran bisa berjalan dengan lancar serta terhindar dari denda karena keterlambatan membayar cicilan. Selain itu kamu juga akan terhindar dari sikap gali lubang tutup lubang yang dimana kamu memerlukan pinjaman tambahan agar bisa menutupi tagihan sebelumnya.

4. Memahami Kontrak Pinjaman

Kamu harus membacanya dengan detail dan teliti soal kontrakan pinjaman yang berlakukan, serta jangan sungkan bertanya jika terdapat poin-poin yang tidak begitu jelas atau yang tidak kamu mengerti, sebab kontrak pinjaman merupakan dasar hukum dalam dunia pinjaman. seluruh aturan, mulai dari hak dan jika kewajiban telah ditetapkan dalam kontrakan tersebut.

Jenis kontrak pinjaman cukup bervariasi, contoh seperti aturan yang sederhana yakni pinjaman uang tunai untuk jangka waktu sebentar, hingga yang lumayan rumit mengenai usaha, seperti membutuhkan jaminan atau bentuk agunan untuk pengajuan pembiayaan yang diinginkan.

 Cara Pengajuan Pinjaman Online

  • Mengunduh aplikasi layanan yang kamu pilih di playstore atau appstore dan pastinya tersedia untuk layanan Android.
  • Melakukan registrasi di aplikasi pinjol lalu isi data diri dengan lengkap.
  • Siapkan KTP serta rekening bank milik kamu pribadi
  • Mengambil foto KTP serta selfie atau berfoto diri dengan memegang KTP. Usahakan foto yang diambil jelas dan terang sebab pihak layanan secara otomatis melakukan penelusuran wajah dan juga KTP melalui software.
  • Sangat diwajibkan mempunyai rekening bank dengan nama si peminjam dan sesuai nama lengkap yang ada di KTP sebab jika pengajuan kamu berhasil disetujui, para pihak layanan akan segera mengirimkan dana pinjaman ke rekening yang sudah kamu daftarkan.

 

 

 

Cara Mengajukan Pinjaman Online Supaya Mudah di ACC

  •  
  •  
  •  
  •  
Tagged on: