•  
  •  
  •  
  •  

digiworldseo.com – Meta Description adalah jenis-jenis dari atribut HTML yang berada di bagian atas dan berfungsi sebagai bentuk ringkasan kemudian akan ditampilkan di pencarian Google. Di postingan Google akan bertambah panjang cuplikan atau snippets untuk hasil penelusuran serta dijelaskan juga bahwa Google memberi ruang lebih panjang untuk cuplikan yang pada poin ini yakni Meta Description website kamu.

Meta Description juga merupakan salah satu dari beberapa bagian yang terbilang begitu penting sebab Meta Description umumnya dideteksi oleh mesin Google sebagai suatu cuplikan atau snippets singkat dan sebagai kumpulan keyword yang nantinya dapat menjadi faktor guna relevansi para pengguna yang singgah ke website kamu lewat mesin penelusuran Google.

Cara Membuat Meta Description yang Benar

Meta description dapat menjadi senjata paling ampuh guna menaikkan trafik kunjungan dari para pengguna ke suatu website. Sebenarnya meta description tersebut merupakan informasi yang ditampilkan di situs hasil penelusuran. Akan tetapi, banyak juga yang sampai sekarang belum tahu cara membuat sebuah meta description dengan benar dan tentunya efektif.

Kamu tidak perlu khawatir, sebab dibawah ini akan dijelaskan semuanya. Berikut cara membuat suatu meta description yang benar dan kamu terapkan sendiri pada website yang ada.

1. Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Menarik

Tujuan utama dari meta description ialah agar bisa mendorong para pengguna atau pelanggan yang mengunjungi situs web milik kamu yang muncul pada halaman pencarian mereka. Pada momen inilah kamu dituntut untuk cerdas dalam penggunaan bahasa atau kalimat yang pas dan menarik. Disarankan untuk kamu tulis yang diawali kata kerja karena mampu membuat pengguna menjadi penasaran.

Kamu bisa menerapkan tulisan seperti, pelajari selengkapnya, cek disini, temukan, atau telusuri lebih lanjut. Walau terlihat simple, namun kata-kata tersebut berhasil membuat banyak pengguna merasa tertarik serta mencari tahu sebenarnya apa yang mereka tawarkan. Sesudah itu, kamu dapat melengkapi bagian halaman website kamu dengan gambaran perusahaan atau spesifikasi produk yang ada.

2. Tidak Lebih 155 Karakter untuk Kata

Penulisan meta description sebetulnya harus jelas dan efektif. Hal tersebut dilakukan agar unsur kalimat meta description ini bisa terbaca dengan lengkap serta tidak terpotong pada hasil penelusuran. Maka dari itu disarankan untuk membuat kalimat meta description tidak lebih dari 155 karakter. Agar mempermudah kamu dapat menggunakan suatu tools untuk mengetahui panjang dan jumlah karakter yang kamu buat.

cara membuat meta description yang benar

Kamu dapat mencampurnya dengan penggunaan huruf kapital supaya membuat para pengunjung atau pembaca makin penasaran dengan isinya. Contoh, ‘Raih harga yang sangat murah khusus saat promosi berlangsung’. Kalimat seperti ini dapat membuat para pengunjung penasaran dan tertarik untuk membacanya dibanding kamu membuat kalimat yang biasa-biasa saja.

3. Cobalah Menggunakan Angka dan Simbol

Selain pengenalan pola huruf yang sudah diulas pada paragraf di atas, cara membuat sebuah meta description berikutnya adalah dengan penggunaan simbol dan angka. Hal ini disebut cukup ampuh untuk mempengaruhi para pengguna secara psikologis untuk meningkatkan minat banyak orang. Dengan mengkombinasikan kalimat dengan pola huruf seperti penggabungan huruf kecil dan huruf kapital.

Misalnya ada promo suatu produk online, kamu dapat menulisnya seperti ini ‘Temukan DISCOUNT BESAR-BESARAN hingga 90% di akhir tahun!’. Bagaimana? Lebih menarik jika kamu bandingkan dengan hanya menyusun kalimat yang biasa saja tanpa ada kombinasi simbol, angka dan huruf kapital. Apalagi ditambah dengan tanda dari persen yang mampu mempengaruhi para pengguna atau konsumen.

Baca Juga : Standar Harga Jasa SEO Profesional 2021

4. Hindari dalam Penggunaan Spam Kata Kunci

Supaya meta description kamu berhasil meningkatkan trafik, sebaiknya gunakanlah kata kunci yang mempunyai volume penelusuran tertinggi di mesin pencarian. Kamu dapat menggunakan jenis tools seperti halnya Google Trends. Disinilah kamu dapat menentukan dan memilih kata kunci yang tepat dan cocok untuk dipergunakan pada meta description.

Selain itu kamu harus menghindari penggunaan spam keywords. Kondisi tersebut sangat wajib kamu perhatikan supaya pengunjung menekan tombol ‘Back’ sebab konten yang ada tidak sesuai yang diharapkan ketika membaca meta description. Wajib diingat, bila tidak mencantumkan kata kunci atau memasukkan spam kata kunci dapat menjadi masalah yang cukup besar ketika sedang meningkatkan trafik website lewat meta description.

5. Mempunyai Manfaat Bagi Pembaca

Berikut ini yang juga sangat penting untuk diperhatikan, yang dimana kamu harus membuat meta description, selain untuk menaikkan trafik didalamnya juga terkandung informasi yang menarik atau solusi bagi para pengunjung dan pembaca. Tujuan pengguna yang mengunjungi sebuah halaman website adalah untuk mendapatkan informasi serta konten yang mereka butuhkan. Kamu dapat menjelaskan alasan tentang mengapa para pengguna harus membaca link yang ada.

Apabila konten sesuai dengan yang diharapkan, para pengguna akan puas. Sebaliknya, bila isi konten tidak seperti yang mereka harapkan tentu para pembaca akan men-skip serta malas untuk membaca hingga habis dan hal paling buruknya adalah mereka akan keluar dari halaman website kamu. Hal ini tentu akan berdampak pada trafik, yang tadinya ingin menaikkan malah terancam turun.

 

 

 

Mengenal Meta Description dan Cara Membuatnya yang Benar

  •  
  •  
  •  
  •