Seperti yang diketahui bersama, SEO merupakan proses yang harus dilakukan setiap bulan. Pada prosesnya tidak ada upaya tunggal yang diterapkan hanya sekali, lalu Anda puas. Hal ini sering terjadi dan bisa ditemukan, yang mana para pemilik blog atau website tidak melakukan update konten yang sudah lama.

Memperbarui konten yang lama merupakan cara tepat untuk meningkatkan kualitas website serta menaikkan peringkat Anda. Hal tersebut tentu lebih mudah jika ingin menaikkan peringkat dari artikel lama dibandingkan perangkat yang baru.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui tips memperbarui konten lama demi kepentingan penerapan strategi SEO, silahkan simak ulasan pada artikel ini sampai habis.

1.       Teliti Keyword Peringkat Anda

Upaya pertama yang harus Anda lakukan yakni perlu memutuskan konten mana yang ingin perbarui. Tentu tidak ada pengaruhnya jika Anda memperbarui artikel atau konten yang telah berada di peringkat 3 teratas di mesin pencarian Google.

Tujuan Anda pada kasus ini yaitu menaikkan peringkat artikel yang berada di 15 besar serta bisa masuk ke halaman pertama lewat satu dorongan atau konten yang turun dari posisi 3 teratas serta masih berada di halaman pertama.

Anda bisa melakukan penelitian tersebut dengan cara menganalisis keyword utama Anda. Kemudian periksalah keyword Anda dengan menggunakan fitur pelacak peringkat atau mencari kata kunci yang baru dan tidak Anda lacak memakai alat SEO lain.

2.       Memperbaiki Semuanya

Menjadi masalah besar pada artikel lama yaitu internet selalu mengalami perubahan, sementara artikelnya tidak. Alhasil, frame akan rusak, foto yang didapat dari situs lain akan menghilang, hingga tautan keluar sampai tidak berfungsi kembali.

Artikel yang rusak dapat merusak pengalaman para pengguna. Google sendiri akan mendorong dan memperhatikan artikel di luar dari tanda kurung atas, otomatis mencari hasil paling relevan serta lengkap sebagai penggantinya.

Anda bisa memilih perbaikan tautan otomatis dengan penerapan proses penggantian dan pencarian di database Anda. Apabila situs website Anda memakai versi HTTP lama, kemungkinan besar gambar akan terintegrasi oleh versi lama. Jalankan proses penggantian dan pencarian dari HTTP ke HTTPS serta menyelesaikan berbagai kesalahan dari konten campuran.

3.       Menambahkan Lebih Banyak Kata di Artikel Anda

Betapa pentingnya banyak kata dalam sebuah artikel  dari salah satu konten artikel lama Anda. Konsensus besar sekarang ini yaitu artikel dengan kata lebih banyak mempunyai peringkat lebih baik. Akan tetapi, tidak disarankan juga untuk menambah kata atau penulisan paragraf tambahan yang hanya untuk sekedar kepentingan tersebut.

Anda bisa melakukan penelitian manual memakai alat SEO. Menganalisis apa yang dilakukan pada 5 halaman paling atas serta perhatikan juga beberapa hal berikut ini:

  •         Jumlah kata yang relevan
  •         Sumber tautan balik
  •         Keyword yang terkait semantik

4.       Meningkatkan Tautan Anda

Di dalam SEO, terdapat 3 jenis tautan yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  •         Tautan keluar
  •         Tautan internal
  •         Tautan Balik

Pertama yaitu yang paling enak dikendalikan. Bila Anda berupaya memperbarui konten artikel, pastikan juga Anda meningkatkan tautan internalnya.

Masukan beberapa tautan pada artikel Anda yang sudah diperbarui ke dalam entri blog lainnya yang sudah ditambahkan sejak konten yang disebutkan sebelumnya ditayangkan.

Upaya ini juga perlu dilakukan sebaliknya. Temukan halaman web dimana  topik utama dari konten artikel yang sudah diperbarui serta pastikan terdapat tautan yang isinya mengarah ke konten artikel baru.

Agar menemukan topik yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan Google serta beberapa trik sederhana yang ampuh. Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mencari di internet, sebab sekarang ini sudah banyak data informasi yang lengkap dan akurat yang bisa Anda dapatkan dengan gratis.

5.       Mengubah Tanggal Penerbitan

Bisa dikatakan sangat sering tanggal penerbitan konten artikel ini ditampilkan pada SERP. Tentu ini akan mempengaruhi bagian RKPT halaman.

Seperti contoh, misal Anda merupakan pemilik dari sebuah restoran dan mencari distributor kuliner teratas untuk wilayah Anda, kemudian Anda mengklik halaman yang memperlihatkan tanggal terbaru, entah itu judul atau SERP sebagai cuplikan. Mesin pencarian Google juga akan mempertimbangkan RKPT ketika memberikan peringkat ANda di SERP serta memastikan bahwa Anda sudah memperbarui konten artikel.

6.       Memeriksa dan Memperbaiki Tata Bahasa

Tata bahasa tentu sangat penting, terutama saat orang dapat melihat meski dari jarak jauh. Kita semua adalah manusia yang tidak luput dari yang namanya kesalahan. Akan tetapi, kesalahan-kesalahan ini bisa diminimalisir, jika mampu hindari melakukan kesalahan sekecil apapun.

Oleh karena itu, terdapat banyak jenis aplikasi serta plugin yang dapat memeriksa konten milik Anda serta memberi tahu bila terdapat kesalahan pada teks yang dibuat. Anda bisa memilih jenis plugin yang sekiranya cocok untuk memeriksa serta memperbaiki kesalahan Anda, dalam hal ini adalah tata bahasa di dalam konten artikel.

Tips Memperbarui Konten yang Lama Demi Kepentingan SEO